KETENTUAN PENULISAN NASKAH

PETUNJUK UNTUK PARA PENULIS

Abstract


Ruang Lingkup

Jurnal Ilmu Pertanian AGRIUM adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ataupun review yang dirancang sebagai sarana komunikasi untuk para ilmuan/peneliti yang terkait dengan bidang pertanian.

Ketentuan penulisan naskah:

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia mengikuti Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, dengan jumlah halaman 10-12.
  2. Diketik dengan MS Word, spasi single, Times New Roman, ukuran 10 pt, ukuran kertas A4 210 x 297 mm, margin atas, kanan dan bawah 2,5 cm dan margin kiri 3,5 cm. Semua halaman diberi nomor pada posisi bawah.
  3. Struktur artikel:
    1. Judul, ditulis dengan huruf capital, spesifik dan efektif, tidak lebih dari 14 kata serta dapat menggambarkan isi.
    2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik, alamat lembaga dan alamat korespondensi.
    3. Abstrak, ditulis dalam satu paragraf berbahasa Indonesia dan Inggeris, yang menggambarkan esensi isi keseluruhan artikel, tidak lebih dari 200 kata.
    4. Kata kunci, dipilih secara cermat sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung artikel, 3 sampai 5 kata.
    5. Bagian Inti:
  1. PENDAHULUAN
  2. METODE PENELITIAN
  3. HASIL DAN PEMBAHASAN
  4. KESIMPULAN DAN SARAN

DAFTAR PUSTAKA

    1. Sistem pengacuan pustaka, harus diberi nomor sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah menggunakan bilangan superscript.
    2. Daftar Pustaka, ditulis dengan mengikuti aturan sebagai berikut:

(1). Buku (monograf): nama penulis. tahun terbit. judul buku. jilid. terbitan ke-. nomor halaman. nama penerbit. dan kota.

Bhatnagar, M. S. 2004. A Textbook of Polymers: Chemistry and Technology of Polymers, Processing and Applications. Vol. II. 21-39. S. Chand & Company Ltd. Ram Nagar, New Delhi

(2). Majalah/Jurnal/Bulletin: nama penulis. tahun terbit. judul tulisan. nama Majalah/Jurnal/Bulletin. jilid(volume): nomor halaman.

Ismail, H., M.R. Edyham dan. B. Wirjosentono. 2002. Bamboo fibre filled natural rubber composites: the effects of filler loading and bonding agent. Polymer Testing. 21: 139144

(3). Situs Web: nama penulis. Tahun. Judul tulisan. Alamat web. Tanggal dan tahun diakses.

Lynch, Tim. 1996. Review of DS9 trials and tribble-ations. Psi Phi: Science Fiction Club. http://www.bradley.edu/campusorg/psiphi/DS9/ep/503r.html (diakses 17 Agustus 2010).

Tabel

Tabel diberi nomor sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Catatan kaki pada tabel harus ditandai dengan huruf superscript miring dan dituliskan dibawah tabel secara berurutan langsung (tidak per baris). Dalam pembuatan tabel, penulis harus menyadari apakah dalam format satu kolom atau dua kolom dengan ukuran dan penempatan tabel dengan memperhatikan hal-hal berikut: 1) tidak terpotong, 2) seminimum mungkin jumlah halaman, 3) tidak meninggalkan banyak ruangan kosong .

Gambar

Gambar diberi nomor sesuai dengan urutan kemunculannya dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran format satu kolom atau dua kolom.

Pengiriman Naskah Elektronik

Penulis diharuskan untuk mengirimkan naskah dalam bentuk elektronik ke Redaksi Jurnal IlmuPertanian AGRIUM, selain naskah dalam bentuk cetakan (satu buah asli dan iga buah salinan). Naskah dalam bentuk elektronik harus disimpan dalam bentuk file *.rtf. Pengiriman dapat dilakukan melalui pos ke alamat redaksi atau email Redaksi: agrium.umsu@yahoo.co.id atau msaidsiregar@umsu.ac.id


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v20i2.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.