PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH PADA BANK MANDIRI SYARIAH DI KOTA MEDAN

Raihanah Daulay

Abstract


Perilaku konsumen berpengaruh didalam pengambilan keputusan nasabah
menggunakan jasa perbankan, beberapa faktor diantaranya adalah kualitas pelayanan
dan bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan bagi hasil terhadap keputusan menabung nasabah di Bank Syariah
Mandiri di Kota Medan dan faktor yang mendominasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengngan pendekatanan
metode survey. Data penelitian diperoleh dari 150 respoden nasabah bank syariah
mandiri dengan menyebar angket menggunakan skala likert. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil persamaan Y = 6,808+ 0,113 X1 + 0,114X2 bahwa kualitas pelayanan dan bagi
hasil searah dengan keputusan menabung nasabah. Nilai R Square sebesar 0,235, ini
menunjukkan variabel pelayanan dan bagi hasil menjelaskan 23,5 % terhadap
variabel terikatnya yaitu keputusan menabung. Sedangkan sisanya 76,5 % dijelaskan
variable yang tidak lain diteliti

Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Akuntansi, Bisnis

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2004. Manjemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi

Revisi,Bandung : Alfabeta.

Al-Qardhawi, Yusuf, alih bahasa Setiawan Budi Utomo, 2001. Bunga Bank Haram,

Cetakan Pertama, , Jakarta, Akbar

Bank Syariah Mandiri, Laporan Auditor Independen dan Laporan Keuangan Untuk

Tahun Yang Berakhir 31 Desember 2006-2005, Syariah Mandiri Online

http://www.syariahmandiri.co.id, Diakses 19 September 2007

Basri, Faisal, 2003. Kerja Bank Syariah Itu Memble dan Tidak Profesional, Hukum

Online - http://www.ikastara co.id, Diakses, 12 Agustus 2007

Bank Indonesia, 2004. Potensi , Preferensi , dan Perilaku Masyarakat Terhadap

Bank Syariah: Studi Pada Wilayah Sumatera Selatan. Executive Summary

Hasil Penelitian, Kerjasama Bank Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor

http://www.bi.go.id. Diakses 20 Agustus 2007.

Farida Jasfar. (2005). Manajemen Jasa. Cetakan Pertama. Ciawi-Bogor: Penerbit

Ghalia Indonesia.

Hessel Nogi. (2005). Manajemen Publik. Edisi pertama. Jakarta: Penerbit. PT.

Grassendo.

Gempur Santoso, 2005, Fundamental, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan

Kualitatif, Cetakan Pertama, Jakarta : Prestasi Pustaka

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi

Ketiga, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, 1999. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian, Edisi ke sembilan, Jilid 1, Jakarta, Salemba Empat.

, 1999. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian, Edisi ke sembilan, Jilid 2, Jakarta, Salemba Empat.

Lamb, Hair dan Mc Daniel., 2001. Pemasaran, Penerjemah David Octarevia, Buku

, Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik, Edisi

Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta:

penerbit salemba 4.

Mutasowifin, Ali, 2003. Menggagas Strategi Pengembangan Perbankan Syariah di

Pasar Nonmuslim, Jurnal Universitas Paramadina, Vol.3 No. 1, pp. 25-39.

Rizal Muhammad, 2002. Pentingnya Masyarakat Memilih Bank Syariah, Waspada

Online http://www.waspada.co.id/, Diakses, 14 Agustus 2007

Sugiyono, 2000. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke 7, Bandung : IKAPI.

Taylor, Michael F., 2003. Islamic Banking - the Feasibilty of Establishing an

Islamic Bank in the United States, American Business Law Journal, Vol. 40

Issue 2, pp. 385.

Wiroso, 2005. Penghimpunan Dana Dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah,

Jakarta : Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v12i1.91