PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH PADA BANK MANDIRI SYARIAH DI KOTA MEDAN
Abstract
menggunakan jasa perbankan, beberapa faktor diantaranya adalah kualitas pelayanan
dan bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan bagi hasil terhadap keputusan menabung nasabah di Bank Syariah
Mandiri di Kota Medan dan faktor yang mendominasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengngan pendekatanan
metode survey. Data penelitian diperoleh dari 150 respoden nasabah bank syariah
mandiri dengan menyebar angket menggunakan skala likert. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil persamaan Y = 6,808+ 0,113 X1 + 0,114X2 bahwa kualitas pelayanan dan bagi
hasil searah dengan keputusan menabung nasabah. Nilai R Square sebesar 0,235, ini
menunjukkan variabel pelayanan dan bagi hasil menjelaskan 23,5 % terhadap
variabel terikatnya yaitu keputusan menabung. Sedangkan sisanya 76,5 % dijelaskan
variable yang tidak lain diteliti
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari, 2004. Manjemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi
Revisi,Bandung : Alfabeta.
Al-Qardhawi, Yusuf, alih bahasa Setiawan Budi Utomo, 2001. Bunga Bank Haram,
Cetakan Pertama, , Jakarta, Akbar
Bank Syariah Mandiri, Laporan Auditor Independen dan Laporan Keuangan Untuk
Tahun Yang Berakhir 31 Desember 2006-2005, Syariah Mandiri Online
http://www.syariahmandiri.co.id, Diakses 19 September 2007
Basri, Faisal, 2003. Kerja Bank Syariah Itu Memble dan Tidak Profesional, Hukum
Online - http://www.ikastara co.id, Diakses, 12 Agustus 2007
Bank Indonesia, 2004. Potensi , Preferensi , dan Perilaku Masyarakat Terhadap
Bank Syariah: Studi Pada Wilayah Sumatera Selatan. Executive Summary
Hasil Penelitian, Kerjasama Bank Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor
http://www.bi.go.id. Diakses 20 Agustus 2007.
Farida Jasfar. (2005). Manajemen Jasa. Cetakan Pertama. Ciawi-Bogor: Penerbit
Ghalia Indonesia.
Hessel Nogi. (2005). Manajemen Publik. Edisi pertama. Jakarta: Penerbit. PT.
Grassendo.
Gempur Santoso, 2005, Fundamental, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan
Kualitatif, Cetakan Pertama, Jakarta : Prestasi Pustaka
Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi
Ketiga, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, 1999. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian, Edisi ke sembilan, Jilid 1, Jakarta, Salemba Empat.
, 1999. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian, Edisi ke sembilan, Jilid 2, Jakarta, Salemba Empat.
Lamb, Hair dan Mc Daniel., 2001. Pemasaran, Penerjemah David Octarevia, Buku
, Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik, Edisi
Pertama, Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta:
penerbit salemba 4.
Mutasowifin, Ali, 2003. Menggagas Strategi Pengembangan Perbankan Syariah di
Pasar Nonmuslim, Jurnal Universitas Paramadina, Vol.3 No. 1, pp. 25-39.
Rizal Muhammad, 2002. Pentingnya Masyarakat Memilih Bank Syariah, Waspada
Online http://www.waspada.co.id/, Diakses, 14 Agustus 2007
Sugiyono, 2000. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke 7, Bandung : IKAPI.
Taylor, Michael F., 2003. Islamic Banking - the Feasibilty of Establishing an
Islamic Bank in the United States, American Business Law Journal, Vol. 40
Issue 2, pp. 385.
Wiroso, 2005. Penghimpunan Dana Dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah,
Jakarta : Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v12i1.91