IMPLEMENTASI KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN PADA KURIKULUM MADRASAH

Abdul Fattah Nasution

Abstract


Al-Qur’an merupakan kitab yang istimewa karena dapat ditinjau dari berbagai aspek keilmuan, sehingga banyak peneliti yang terinspirasi dari Al-Qur’an untuk mengembangkan keilmuan yang mereka tekuni. Begitu juga yang memuat konsep matematika, banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap bidang matematika.

            Mempelajari Al-Qur’an layaknya seperti mempelajari alam semesta beserta isinya, tidak ada habisnya dan selalu memunculkan hal-hal yang baru. Inilah yang menjadi kemukjizatan Al-Qur’an, semakin dalam mempelajarinya maka tabir keilmuan pun akan terbuka lebar maka tersibaklah  cakrawala yang begitu luas untuk diketahui.

Keywords— Al-Qur’an, Konsep matematika, Kurikulum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : 081361147192 Kode Pos 20238

Homepage : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech