Analisis Prilaku Konsumen dan Lingkungan Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional di Kota Langsa

Faisal Umardani Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis dalam perkembangan di era globalisasi yang menuntut pengelola pasar tradisional harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan. Di saat pasar modern yang banyak bermunculan saat ini merupakan suatu fenomena sebab kehadiran berbagai pasar Modern, ini bisa menggembirakan para konsumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan dikumpulkan data melalui kuesioner yang disebar dengan sistem online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Langsa sebanyak 176,811 orang yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis data yang digunakan adalah metode asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Eksistensi Pasar tradisional di Kota Langsa, ditunjukkan dengan nilai koefisien Lingkungan (X1) yaitu 0.218 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0.004< 0.05). (2) Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap Eksistensi Pasar tradisional di Kota Langsa, ditunjukkan dengan nilai koefisien Individu (X2) yaitu 0.270 dan p-value kurang dari tingkatsignifikansi (0.001< 0.05).(3) lingkungan dan individu secara simultan signifikaan terhadap eksistensi pasar tradisional dikota langsa. yaitu nilai F hitung 9.725> F tabel 2.70 dan nilai signifikan 0.000 <0.05 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.150 atau 15.0%

Keywords


Individu, Lingkungan, Eksistensi Pasar

Full Text:

PDF

References


Ahmand,Eeng.Membina kompetensi Ekonomi untuk kelas X sekolah menengah atas/madrasah Aliah Bandung : Grafindo Media pratama, 2007.

Bambang Prasetyo, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Carolina Silitonga, Betty.Perkembangan Pusat Pasar Medan Tahun 1970- 2013, Skripsi Uiversitas Medan, 2013.

Hasibuan, Faisal Umardani, Tarlis, Analisis Geostrategis Institut Agama IslamNegeri Langsa Dalam Upaya Penekanan Angka Kemiskinan Di Kota Langsa, Jurnal Al Masharif IAIN Padangsidimpuan Vol 7 No 1 (131-145), 2019

Hasibuan, Faisal Umardani, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa IAIN Langsa Untuk Berwirausaha, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan STIE Trianandra Vol 1 No 1 (131-139), 2022

Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2005.

Huijbers,Theo Filsafat Hukum. Yogyakarta : penerbit Kanisius, 1995.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Kuncoro, Mudjara.Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2009.

Lukman Abdul Rahman, Analisis Pengaruh Pasar Modern Terhadap Omzet Pedagang Pasar Tradisional Skripsi UIN Sumatera Utara;2019.

Maskuroh, Nikmatul. Peran pasar tradisional dalam peningkatan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi islam, skripsi IAIN Metro 2019.

Nursalam, Metode Penelitian, Jakarta: Salemba Medika, 2013.

R. Gunawan, Sudarmanto.Analisis Regresi Linear Berganda Dengan SPSS, Bandung: Graha Ilmu, 2004.

Sugiono, Metodologi Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2001.

Sunyoto, Danang. Metodologi Penelitian Ekonomi, Bandung: PT. Rafika, 2016.

Tim Dosen Ekonometrika dan Tim Asisten Praktikum, Buku Pedoman Praktikum Ekonometrika, Malang: Universitas Brawijaya, 2015.

Wahyu Hidayat , Widiartanto , Apriatni Endang Prihartini dan Reni Shinta Dewi, Model Pengembangan Pasar Tradisional Berbasis Pada Perilaku Konsumen, Jurnal Administrasi Bisnis Volume 7, Nomor 2, Diponegoro September 2018.

Yasinta Maharani, Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional, Skripsi Universitas Muhammadiyah:2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/almuhtarifin.v2i1.12945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.