Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Pontianak 2023
Abstract
Kompetensi adalah suatu kemampuan yang dilandasi oleh keterampilan dan pengetahuan yang didukung oleh sikap kerja serta penerapannya dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan di tempat kerja yang mengacu pada persyaratan kerja yang diterapkan. Lalu disiplin kerja merupakan kemampuan seseorang untuk secara teratur, tekun secara terus menerus dan bekerja sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, dengan tidak melanggar atura - aturan yang ditetapkan. Sedangkan loyalitas adalah kesetiaan nasabah karena bank sukses memenuhi harapan nasabah, baik dari segi pelayanan maupun yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat Pontianak, untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank muamalat Pontianak, dan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat Pontianak. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian asumsi klasik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan sampel yang diambil sebanyak 100 nasabah. Data yang digunakan adalah data primer atau data langsung yang bersumber dari nasabah yang berada dilokasi penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa secara parsial variabel kompetensi terhadap loyalitas nasabah, variabel disiplin kerja terhadap loyalitas nasabah berpengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat Pontianak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, Willy Jermias dan Rasmansyah. 2019. “Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Nasabah PT. Christalenta Pratama”. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 7 No. 3.
Akadea, R. Masykur, H. Cahyani, R. 2020. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmiah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol. 2 No. 1.
Erdiansyah, “Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada CV. Patakaran Palembang”, Journal Ecoment Global, Vol. 1 No.1, Februari 2016, Hal. 100
Budiarti, A. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah Di Surabaya” EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 15(2), 210. https:
//doi.org/10.24034/j25485024y2011 .v15.i2.2289
Ghazali, Mahardiana, Risnawati. 2016.“Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Palu”. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Vol 2. No 1. hlm (1-10)..
Hartatik, Indah Puji. 2014. “Buku Praktis Mengembangkan SDM”. Yokyakarta: Laksana.
Junai Al Fian, Tri Yuniati. 2016. “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, No 6
Pramana, i G. Y., & Rastini, N. M. (2016). Nasabah dan loyalitas nasabah bank mandiri cabang veteran denpasar bali . E-Jurnal Manajemen UNUD, 5(1),. 706–733.
Rivai Dan Ella Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta).
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Jakarta, Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.