Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Pada Muslim Generasi Z Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Kota Pontianak

Lili Yanti, M.Khairul Anwari, Nurlia Nurlia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal dan kesadaran halal baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik di kota Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui kuisioner/angket. Sampel dalam metodologi ini adalah 120 responden. Umat Islam generasi Z di kota Pontianak. dimana Analisis yang digunakan adalah SmartPLS 4.0. dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik.


Keywords


Label Halal, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian Kosmetik

Full Text:

PDF

References


Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). “Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia”. Jurnal Teknik ITS, 10(2), A438-A443.

Budiarti, L., Wijayanti, R. F., & Evelina, T. Y. (2020). “Pengaruh Halal Certification Dan Halal Awareness Terhadap Minat Pembelian Produk Gunaan”. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 13(2), 150–155. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v13i2.73

Chin, W.W (1998). “The partial least squares aproach to structural equation modeling”. Modern methods for business research.

Fajrina, N. (2020). “Pengaruh Labelitas Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Ringan” (studi komparatif pada masyarakat kecamatan Kuta Alam dan kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh). Fakultas ekonomi dan bisnis: universitas islam negeri ar-raniry banda aceh.

Kurniawati, l. (2018). “Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Iain Ponorogo” (doctoral dissertation, iain Ponorogo).

Listiawati, J. F. (2020). “Ketika Konsumen Muslim Berminat Membeli Ulang Makanan Faktor Apa yang Mempengaruhinya”. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 9(4), 221-239.

Rafita. H. Z. (2017). “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik” (studi pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam angkatan 2013-2016 uin raden intan Lampung) (doctoral dissertation, uin raden intan Lampung).

Samad, T. F. D. (2019). “Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Preferensi Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Dan KFC Di Yogyakarta”. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 1-9.

Sholikhah, B., Fitri, R., & Mahanani, Y. (2021). “Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI Pada Generasi Millenial”. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(2), 193–211. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i2.3754.

Wiki, J. F. (2019). “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Religious Commitment Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah” (studi pada mahasiswi muslimah di fisip universitas Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.