Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Terhadap Pendapatan Umkm Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Di Kota Pontianak)

Dila April Yani, M.Khairul Anwari, Aiyub Anshori

Abstract


Dalam menjalankan kegiatan usaha, penggunaan atau adopsi e-commerce diharapkan dapat membantu dalam memperoleh pendapatan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup bagi UMKM khusus nya di kota Pontianak. Untuk itu diperlukan dalam mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi adopsi e-commerce yaitu faktor teknologi, faktor organisasional, faktor lingkungan terhadap pendapatan pada usaha mikro kecil menengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh adopsi e-commerce terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Penentuan sampel pelaku usaha mikro kecil dan menengah menggunakan purposive sampling yaitu yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan kriteria tertentu sebagai sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), variabel bebas ada 3 yaitu faktor teknologi (X1), faktor lingkungan (X2), faktor organisasional (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan peneliti, hasil penelitian ini adalah variabel faktor teknologi dan faktor organisasional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Sedangkan variabel faktor lingkungan  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Pentingnya memperoleh pendapatan bagi usahanya, diperlukanya penyesuaian adaptasi dengan menggunakan sebuah adopsi teknologi dalam menjalankan kegiatan usaha pada era digital seperti saat ini .


Keywords


Pendapatan, Faktor Teknologi, Lingkungan, Organisasional

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Latan (2015). Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP UNDIP.Semarang:

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., & Laras, T. (2020). Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kreativitas Pada Tenaga Kerja Pada UMKM Di Wilayah

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237-246.

Kamal, R. M., & Azis, E. (2015). Adopsi Teknologi Internet Oleh Konsumen Umkm Untuk Berbelanja Online (studi Pada Situs Tokopedia. com Tahun 2015). eProceedings of Management, 2(3).

Nurlaela, N. (2018, September). Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Depok Dilihat Dari Etika Bisnis. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Nurlinda, V. F. (2019). Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol, 7(3).

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Samad, T. F. (2019). Konsep E-Commerce Perspektif Ekonomi Islam. Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 4(1), 59-72.

https://data.kalbarprov.go.id/dataset/90d3c635-b986-4282-bb64-2e4f50c8940a/resource/8af536c9-4669-4c4d-a33b-3723e87d2bf7/download/laporan-perkembangan-koperasi-umkm-per-28-februari-2022.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.