Dua Kasus Langka Anatomi Appendix yang di Diagnosis Menggunakan Computerized Tomography

Herlina - Uinarni

Abstract


Abstrak: Posisi appendix adalah fitur anatomi yang dapat bervariasi dan dapat ditemukan di berbagai lokasi yang tidak biasa. Computerized Tomography  (CT)-scan adalah alat diagnostik yang berharga untuk mengidentifikasi berbagai struktur anatomi dan kelainan, termasuk lokasi anatomi appendix yang jarang terjadi. CT scan dapat memberikan gambaran rinci tentang organ-organ internal dan struktur-struktur di abdomen dan pelvis, memungkinkan visualisasi yang akurat tentang morfologi appendix dan lokasinya.  Dalam laporan ini, dilaporkan dua kasus langka yang melibatkan variasi letak anatomi appendix yang tidak biasa. Kasus pertama appendix lokasi retrohepatica, sementara kasus kedua appendix letak dalam canalis inguinalis. Diagnosis pada kedua kasus ini ditegakkan menggunakan CT sebagai modalitas utama.

Kata kunci: CT-scan, kasus langka-appendix, lokasi anatomi appendix


Keywords


Lokasi anatomi appendix, CT-scan, kasus langka-appendix

References


Longani SK, Ahmed A. Classical Presentation of Acute Appendicitis in the Case of a Subhepatic Appendix. Cureus. 2019 Oct 30;

Fenwick AKC, Hartery A. Appendicitis and beyond: a pictorial review of various appendiceal abnormalities. Emerg Radiol. 2021;28(3).

Smith HF. A review of the function and evolution of the cecal appendix. Vol. 306, Anatomical Record. 2023.

Deshmukh S, Verde F, Johnson PT, Fishman EK, MacUra KJ. Anatomical variants and pathologies of the vermix. Emerg Radiol. 2014 Oct 1;21(5):543–52.

Vitetta L. The vermiform cecal appendix, expendable or essential? A narrative review. Vol. 38, Current Opinion in Gastroenterology. 2022.

Zacharzewska-Gondek A, Szczurowska A, Guziński M, Sąsiadek M, Bladowska J. A pictorial essay of the most atypical variants of the vermiform appendix position in computed tomography with their possible clinical implications. Vol. 84, Polish Journal of Radiology. Medical Science International; 2019. p. e1–8.




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v7i2.19334

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.30596/amj.v7i2.19334.g11431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.