ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM BERITA ONLINE MENGENAI VAKSINASI COVID-19

Nuraisyah Fadila Harahap, Hasnidar Hasnidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa dari bidang pemakaian huruf, penulisan kata, pemkaian tanda baca, dan diksi dalam berita online mengenai vaksinasi Covid-19. Sumber data penelitian ini adalah website berita online mengenai vaksinasi Covid-19. Data penelitian ini adalah hasil tangkap layar dari website berita online yang peneliti baca dan pahami yakni di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan diksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat kesalahan berbahasa sebanyak 26 data, yakni kesalahan pemakaian huruf sebanyak 3 data, kesalahan penulisan kata sebanyak 5 data, kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 10 data, dan kesalahan diksi sebanyak 8 data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih banyaknya kesalahan-kesalahan berbahasa yang terjadi pada berita online mengenai vaksinasi Covid-19.

Keywords


Pemakaian Huruf, Penulisan Kata, Pemakaian Tanda Baca, Diksi, Berita Online

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelima belas. Jakarta: Rineka cipta.

Setyawati, Nanik. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia, Teori dan Praktik.Cetakan Kedelapan. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Edisi revisi. Bandung: Angkasa.

Fajriyani, Nurul, dkk. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa Di Bidang Diksi Dalam Buku Panduan UPT Perpustakaan IAIN Surakarta Edisi 2018. Volume 21, Nomor 1, hal: 55-68. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Naschah, Ana Farichatun, dkk. 2020. Kesalahan Berbahasa Pada Teks Berita Covid-19 Di Media Daring CNN Indonesia. Volume 3, Nomor 3. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: