ANALISIS STRATIFIKASI SOSIAL DALAM FILM ARTICLE 15

Yusni Atikah Nasution, Charles Butar-butar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk stratifikasi sosial pada film Article 15 berupa kemiskinan, kejahatan, dan birokrasi. Sumber data penelitian ini adalah film Article 15 yang peneliti tonton dan peneliti ambil tangkapan layarnya. Data dalam penelitian ini yaitu, dialog dan beberapa cuplikan dalam film Article 15 yang mengandung stratifikasi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yakni untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk stratifikasi sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan birokrasi dalam film Article 15. Perbedaan kepemilikan harta, pangan, dan pendidikan, seperti rumah orang kaya yang mewah dengan lampu gantung yang bersinar sedangkan orang miskin tinggal dalam gubuk kecil, orang kaya minum air mineral dan dengan penyaring air di rumahnya sedangkan orang miskin minum minuman tanpa penyaring, orang kaya mendapatkan pendidikan yang layak hingga perguruan tinggi sedangkan orang miskin memilih untuk bekerja keras daripada bersekolah. Analisis data bersifat kualitatif. Instrumen penelitian berupa pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik catat. Hasil penelitian ini adalah terdapat stratifikasi sosial dalam film Article 15 berupa kemiskinan berjumlah 5 cuplikan, kejahatan berjumlah 2 cuplikan, dan Birokrasi berjumlah 3 cuplikan. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat masalah stratifikasi sosial dalam film Article 15.

Keywords


Stratifikasi Sosial, Sosiologi Satra, Film

Full Text:

PDF

References


Alfathoni, M.A.M., Manesah Dani. (2020). Pengantar Teori Film. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelima belas. Jakarta: Rineka cipta.

Butar Butar, Charles. (2016). Semantik Teori dan Praktek. Medan:Perdana Publisher

Monica, D. A. (2021). Analisis Sosiologis Novel Perempuan Bersambur Merah Karya Intan Andaru. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sholikhin. (2007). Statifikasi Sosial dalam Novel Gadis Kretek Karya ratih Kumala. Jurnal Pesona, 81-90.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: