PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP TAHFIZH QURAN AMANAH 1 HELVETIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, N., & Nirmawan, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 180-187.
Arinda, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III MIN 3 Pidie Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.
Arviyana, M., Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 183-191.
Budijah. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Project Based Learning. Dinamika, 11(1), 1-8.
Bura, N. M., Yani, A., & Lautama, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Media Ajar Kotak Pos Cerdas. Jurnal CARWAJI, 5(1), 42-53.
Fitriani, N., & Susanti, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Editor Video VN Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA PM At-Taqwa, 584-591.
Halifah, N. (2015). Pengaruh Media Gambar pada Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pembelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Mataram. Mataram.
Hamzah, H., Amin, F. H., & Nurdiana. (2022). Penggunaan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas IX.1 MTs. Paitana Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 579-505.
Harahap, P. A., & Fatria, F. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI SMK swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. EJI, 2(1), 21-24.
Kartikasari, R. D., & Khotimah, D. H. (2018). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks, 235-240.
Kormasela, D. A., Dawud, & Rofiuddin, AH. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 5(8), 1056-1065.
Kusuma, B. A. I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VII SMP 2 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Oktavia, N., & Rahmawati, L. E. (2021). Meningkatkan Kompetensi Menulis Teks Prosedur melalui Pemanfaatan Video Youtube pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. PAEDAGOGIE, 16(1), 15-20.
Paramita, D. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 1(2), 101-114.
Putri, V. P. Y. (2019). Penggunaan Media Video Akun Instagram 5.Min.Crafts Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kharisma Bangsa School Of Global Education Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Rodiah. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Dalam Menulis Teks Prosedur Untuk Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Indralaya.
Rusmini. (2018). Kemampuan menulis Teks Prosedur SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Sanjaya, Wina. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Model Cipro (Citizen Prosedur) Berbantuan Video Youtube. Riksa Bahasa, 265-271.
Sofyan, M. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Dalam Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Indralaya.
Sudjana, Nana, & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulsilawati, E., & Usman. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-6.
Susilana, Rudi dkk. (2015). Media Pembelajaran: Hakikat, pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases:

