ANALISIS MAKNA GAYA BAHASA PADA KATA PULANG DALAM STATUS INSTAGRAM RIDWAN KAMIL

Winarti Winarti, Mutia Febriyana, Sri Listiana Izar

Abstract


Tulisan Ridwan Kamil di Instagram mengenai perasaannya yang ditinggal oleh putra sulungnya yang bernama Eril menarik perhatian peneliti untuk mendalami lebih baik tentang makna gaya bahasa pada kata pulang di status instagramnya pada 5 Juni 2022 dengan durasi waktu 4 menit 58 detik. Tulisan tersebut dinilai berbau sastra yaitu dekat pada puisi, sehingga sangat menarik untuk diteliti. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan instrumen penelitian berupa dokumentasi dari Instagram itu sendiri yang tulisan itu memiliki 33 bait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata pulang memiliki gaya bahasa yang berarti kembali kepada pemilik manusia itu sendiri yaitu Allah Swt. Setiap yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah dan Allah berhak meminta agar miliknya kembali kapan saja di waktu yang Ia kehendaki termasuk Eril, anak Ridwan Kamil yang meninggal di usia muda.

Keywords


Makna Gaya Bahasa, Pulang, Instagram Ridwan Kamil.

Full Text:

PDF

References


Hasanah, Dian Uswatun, dkk. 2019. Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-puisi Karya Fadli Zon. Jurnal Kembara: Surakarta.

Mazida, Laily Eka, dkk. 2021. Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi pada Suatu Hari Nanti karya Sapardi Djoko Damono: Tinjauan Stilistika. Jurnal Arkhais.

Winarti, dkk. 2020. Ekspererimentasi Model Pembelajaran Word Square pada Mata Kuliah Mengidentifikasi Jenis-jenis Puisi dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Jurnal Bahterasia UMSU: Medan.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: