PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X DPIB 3 SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN 2022

Nazlia Khairunnisa, Nirmawan Nirmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X DPIB 3 (Desain Pembangunan dan Ilmu Bangunan) di sekolah SMK Negeri 2 Medan.Tujuan penelitian (1) Mengetahui terdapat peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model time token, (2) Mengetahui penerapan model time token di kelas X DPIB 3 untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Teknik pengambilan teknik purposive sample yang diambil terfokus satu kelas. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan yakni menjalankan 2 siklus. Proses penelitian pra tindakan, siklus I dan siklus II. Tekhnik. Pada tahapan pra tindakan memperoleh hasil penelitian yakni nilai rata-rata yang diperoleh nilai 65.6. Hasil penelitian pada siklus I yakni dengan nilai rata-rata yang diperoleh 76.33. Hasil penelitian pada siklus II yakni nilai rata-rata yang diperoleh dengan nilai 97.33. Kesimpulan penelitian terdapat hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X DPIB 3 SMK Negeri 2 Medan dengan menggunakan model pembelajaran time token.

Keywords


Time Token, Keterampilan Berbicara, Siklus, Cerita Rakyat

References


Anugrawati, Yulia. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurusan Ilmu- Ilmu Sosial Unipersitas Tanjungpura Pontianak.

Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661

Erawati, dkk. (2017). Pengaruh Model time token Terhadap Keterampian

Berbicara siswa kelas 5 SD e-journal PGSD Universitas Pendidikan

Ganesha ( Vol: 5 No: 2 Tahun 2017)

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Ceria. Huda,

Hardivizon, H. (2017). Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna

Hadis). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101-124.

doi:http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v2i2.287

Iskandartwassid dan Dadang Sunendar, (2011).Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja

Kunandar, (2013).Penelitian Autentik, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Kusuma Wijaya dan Dedi Dwitagama, (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Indeks.

Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Nurgiyantoro. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model gPembelajaran.Bandung: Cv Pustaka Setia.

Rusman, (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru.Jakarta :Raja Persada

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Silamba Delpiana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bua. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. Skripsi: tidak diterbitkan.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2017. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan Guntur Hendry, (2015).Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa

Tiara Wacana Fahmi Nuruzzaman. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Time Token. Jurnal Pendidikan Guru Sekolh Dasar




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: