Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi

Dewi Tasya, Rosmaini Rosmaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 245 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat teks persuasi. Nilai rata-rata kelas kontrol 70,23, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 80,23. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Jadi , dapat disimpulkan bahwa model example non examples memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.

Keywords


menulis, teks persuasi, model example non examples

References


Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad Zaki, Diyan Yusri (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(2).

Andrianto, F., & Atmapratiwi, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non- Example S Terhadap Kemampuan Menulis Teks. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Indonesia. 2(1), 105–112.

Bina, U., & Getsempena, B. (2021). P-ISSN Jurnal Ilmiah Mahasiswa Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Viii / 2 Mtsn 6 Aceh Besar. 2(1).

Fahrudin., Ansari., Ahmad Shofiyuddin Ichsan (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah. Vol 18 No.1.

Gambar, M., Kelas, B., Man, X. I. I. S., Tarbiyah, F., & Bengkulu, I. (n.d.). Key words:

Ii, B. A. B., Teori, A. K., Pembelajaran, K., Teks, M., & Berdasakan, P. (2016). KAJIAN TEORETIS. 4, 13–37.

Model, P., Untuk, P., Hasil, M., & Ipa, B. (2014). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan. 3(2), 123–127.

Peserta, P., Kelas, D., Man, X. I., & Jambi, K. (2021). Jurnal literasiologi. 6(2), 1–13.

Ptk, J., Sekolah, M., & Negeri, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Randuagung 01 Pada Pelajaran Ips Tahun. Jurnal PTK dan Pendidikan. 3(2), 35–44.

Pitasari Rahmaningsih. (2016). Mengajarkan Ejaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru. No.01.

Putra, N. A. (2003). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. 2(4), 230–242.

Putri Oktavia Wulan Sari., Naniek Sulistya Wardani., Tego Prasetyo. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3, 319-325.

Rahayu Astriani (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pemdas Mahakam. 02(01), 91-99.

Rules, L., Class, T., Smpn, V., Tangerang, S., Setiawan, I., Devista, J. R., Novitasari, R., & Agustina, T. (2022). Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Penggunaan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaida Kebahasaan Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan The Use of Problem Based Learning Methods in Learning Examining the Structure and. 9(2), 81–91. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13968

Syarifah Habibah (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional. Jurnal Pesona Dasar. 3(4), 54-64.

Viii, K., Kota, S., & Hidayati, F. H. (2019). IN ES ES. 4(November), 85–94.

Vokasi, J. T., Lestiawan, F., Johan, A. B., Studi, P., Teknik, P., & Tamansiswa, U. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non- Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Application Of Example Non-Example Learning Methods To Increase The Activity And Learning. Jurnal Taman Vokasi. 6, 98–106.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: