MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DI KOTA MEDAN

Suyadi Suyadi, Syaifuddin Zuhri Harahap, Imran Imran

Abstract


Penelitian/pengkajian ini dilakukan atas dasar pentingnya faktor pembelajaran apresiasi sastra dalam mendukung efektivitas pancapaian kemahiran berbahasa Indonesia peserta pendidik. Pengkajian ini dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara kegiatan apresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60 peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes mengarang dan (2) lembar pengamatan l. Dari hasil korelasi koefisien dengan program SPSS proses analisis data tentang korelasi antara kemampuan mengapresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia dengan menggunakan rumus koefisien korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan apresiasi sastra maka semakin tinggi kemahiran berbahasa Indonesia.

Kata kunci : kemahiran berbahasa, pembelajaran apresiasi sastra

Full Text:

PDF

References


Andayani, dkk 2007. Peningkatan Model, Sosial, Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar dalam jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Tahun 2008 No. 1. Surakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bima Aksara

Brown, H.D. 1980. Principles of Languge Learning and Teaching. New Jersey: Prentice-Hall. Inc.

Depdiknas. 2003. Mekanisme dan Prosedur Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang

Huck, Charlotte. Dkk. 1987. Children Literature in Elementary School. Chicago:Rand Mc Nally College Publishing Company

Lexy, Meloeng. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: