MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian/pengkajian ini dilakukan atas dasar pentingnya faktor pembelajaran apresiasi sastra dalam mendukung efektivitas pancapaian kemahiran berbahasa Indonesia peserta pendidik. Pengkajian ini dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara kegiatan apresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60 peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes mengarang dan (2) lembar pengamatan l. Dari hasil korelasi koefisien dengan program SPSS proses analisis data tentang korelasi antara kemampuan mengapresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia dengan menggunakan rumus koefisien korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan apresiasi sastra maka semakin tinggi kemahiran berbahasa Indonesia.
Kata kunci : kemahiran berbahasa, pembelajaran apresiasi sastraFull Text:
PDFReferences
Andayani, dkk 2007. Peningkatan Model, Sosial, Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar dalam jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Tahun 2008 No. 1. Surakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bima Aksara
Brown, H.D. 1980. Principles of Languge Learning and Teaching. New Jersey: Prentice-Hall. Inc.
Depdiknas. 2003. Mekanisme dan Prosedur Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang
Huck, Charlotte. Dkk. 1987. Children Literature in Elementary School. Chicago:Rand Mc Nally College Publishing Company
Lexy, Meloeng. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases:

