IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN NONAUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan menulis dongeng oleh mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Indonesia di FKIP UMSU untuk tahun akademik 2019-2020. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara random sehingga terpilih kelas V A pagi sebagai kelas eksperimen dan kelas V B pagi sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 46 mahasiswa yang terdiri atas 30 orang pada kelas eksperimen dan 16 orang pada kelas kontrol. Lokasi penelitian berada di program studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU yang berada di jalan Mukhtar Basri No. 3 Medan. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan menulis dongeng oleh mahasiswa semester V program studi pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU tahun akademik 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sementara instrumen yang dipakai adalah tes esai berupa menulis dongeng.
Kata kunci: Media pembelajaran Audiovisual, nonaudiovisual, menulis dongeng
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsami. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mursini. (2016). Apresiasi dan Pembelajaran Sastra Anak-anak. Citapustaka Media Perintis: Bandung.
Nurgiyantoro, Burhan. (2017). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University: Yogyakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sembodo, Puguh Ario. (2015). Pemanfaatan Media Audio Visual pada Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 5 Batang: Analisis Proses dan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Winarti. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power of Two terhadap Kemampuan Menulis Dongeng oleh Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU T.A. 2018-2019. Medan: UMSU
DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.4942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases:

