Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah

Hariyani Nirmalasari Harefa

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah mempunyai tujuan untuk peningkatan kemampuan guru-guru mata pelajaran menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Responden penelitian adalah guru-guru SDN 071043 Tetehosi yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar evaluasi tulisan, untuk dipakai pada setiap siklus. Penelitian dilakukan dua siklus dengan beberapa kali pertemuan antara Kepala Sekolah dan peserta untuk menerima supervise akademik menggunakan model Problem Based Instruction (PBI).Menurut data Kepala Sekolah tentang kemampuan awal peserta penguasaan model Problem Based Instruction (PBI) pada tingkat rata-rata yang rendah kisaran 52, kemudian tindakan supervise akademik Kepala Sekolah pada siklus I mengalami peningkatan penguasaan kemampuan peserta menjadi rata-rata 65,33, tingkatan ini masih jauh dari harapan Kepala Sekolah, kemudian dilanjutkan dengan tindakan siklus II kemudian dievaluasi kemampuan peserta dengan hasil rata-rata 78,66. Ternyata melalui tindakan supervise akademik yang berulang-ulang untuk memperkenalkan yang baru kepada guru akan dapat peningkatan kemampuan para guru dalam penerapan model Problem Based Instruction (PBI) pada pelajaran di sekolah dasar.


Keywords


Model Problem Based Instruction (Pbi), Kemampuan Guru

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

R, Dadang. 2009. Model pembelajaran, (online), (http : //indonesiapurwakarta.go.ig, diakses Januari 2022)

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i3.12903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License