Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Di SD Al-Washliyah Percut

Eva Damailia, Indah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran., dan kurang tepatya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas 5 SD Al-Washliyah Percut yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Project Based Learning, variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Berarti 0,001 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD Al-Washliyah Percut


Keywords


Model Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Muhamad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Unissula Press.

Fitriani, Lisna dan Istianti, Tuti. 2017. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Antologi UPI. Volume.5, No. 1.

Isrokatun dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : P.T Bumi Aksara Jaya.

Kristanti, Yulita dyah. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume.5, No. 1.

Mawardi. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education.Volume.1, No. 1.

Melinda, Neva dan Zainil, Melva. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume.4, No. 2.

Pamungkas, Dewi dkk. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume.3, No. 2.

Ramadhani, Rahmi. 2021.Statistika Penelitian Pendidikan (Analisis Perhitungan Matematika dan aplikasi SPSS).Jakarta :Kencana.

Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan (Metode, pendekata, dan jenis). Jakarta : Kencana.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : P.T Bumi Aksara Jaya.

Saputri. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.Volume.2, No. 1.

Septiasih, dkk. 2016. Penerapan Project Based Learning Berbantuan Vidio Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal PGSD. Volume.4, No. 1.

Suciani, Tititri dkk.2018.Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga.Jurnal Media Pendidikan Gizi dan Kuliner.Volume.7, No. 1.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, Dr. H. Atep & Sopandi, Dr. Paed. H Wahyu. 2020. Model-model Pembelajaran InovatifDepok : Rajawali Pers.

Susanti, Evi dkk.2019.Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya Melalui Model Jigsaw.Jurnal Biodusiana.Volume.4, No. 1.

Titu, M.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wayudi, Mauliana dkk. 2020. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume.5, No. 1.

Wijanarko, Yudi. 2017. Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia.Volume.1, No. 1

Wijayanti, dkk. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA di 3 SD Gugus X Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Volume.3, No. 1.

Zakiy, Muhammad. 2021. SPSS Penelitian Keperilakuan. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i3.13157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License