Pengembangan Buku Cerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas 3 SDN 116897 Hapoltakan Nauli Tahun 2021/2022

Bella Alvia, Amin Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pengembangan buku cerita dan kelayakan media pengembangan buku cerita untuk meningkatkan menulis karangan siswa kelas 3 SDN 116897 Hapoltakan Nauli tahun 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dengan model ADDIE dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan dalam mengarang sebuah cerita. Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang telah di diskusikan dalam keompok di depan kelas. Desain yang disajikan dalam buku cerita Malin Kundang memuat warna yang menarik pembaca, ilustrasi dan gambar baik tokoh, latar tempat, waktu dan suasana yang dimunculkan dalam cerita memberikan pengaruh kepada ingatan anak sehingga dapat menceritakan kembali cerita tersebut. Perwujudan fisik dari buku cerita Malin Kundang ini ditampilkan dengan gambar yang menarik, gambar dengan warna yang terang, jenis dan ukuran huruf sesuai, serta cerita narasi sesuai dengan gambar. Hasil uji kelayakan media yang digunakan meliputi uji ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Pada uji ahli materi memperoleh skor 48 dengan rata-rata nilai 4, pada uji ahli media memperoleh skor 73 dengan rata-rata nilai 4,5 dan pada uji ahli bahasa memperoleh skor 39 dengan rata-rata nilai 4,8. Hasil penilaian standart dengan respon siswa diketahui bahwa media pengembangan buku cerita yang digunakan memiliki nilai presentase efektivitas mencapai 75%-100% dan dikatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan.

Keywords


Buku Cerita, Keterampilan Menulis, Malin Kundang, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Agus Suriamiharja, H. Akhlah Husen, & Nunuy Nurjanah. (2015). Petunjuk. Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Akhadiah, Sabarti dkk. (2013). Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi. Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Cahyani, I. (2013). Menulis Proposal Penelitian Edisi. Bandung: C.V. Bintang Warli Artika.

Cahyono, Bambang Yudi. (2014). Kristal-kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga

Darmiyati Zuhdi. (2017). Pendidikan Bahasa dan. Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud

Gie, The Liang. (2012). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty,

Hamdani. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hariani, Sri. (2014). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita sederhana siswa kelas II SD. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 2 (3), hlm. 1-5.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Keraf, Gorys. (2013). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa. Indah

Kristiantari, Rini. (2017). Menulis Deskripsi dan Narasi. Sidoarjo: Media Ilmu

Lestari, R. D. (2012). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa. (Skripsi tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Univeristas Muhammadiyah, Surakarta.

Majid, Abdul, (2015) Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Malladewi, M.A & Sukartiningsih Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 01 (2), hlm. 1-11.

Mcelmeel, Sharron L, (2014). Character education, A Book Guide For Theacher,. Librarians, And Parents, Teacher Ideas. Press, Greenwood Village,. Colorado.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press

Nurjanah, Ayu Putri. (2018). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 2020, Vol. 5 (1), 1-7

Risnawati Rini. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusyana, Yus, (2015). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahadjito. 2012. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Semi. Atar M, (2013). Metode Penelitian Sastra, Bandung: Penerbit Angkasa

Stewing, J.W (2013). Children and Literature. Chicago : Mc.Nally College Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan, Jurnal, Ilmu Pengetahuan, Dan Sosial Indonesia. 4146.

Suriamiharja, Agus, dkk. (2015). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i3.13409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License