Pengaruh Penggunaan Media Dreambook Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV SDN 060870 Medan

Zalfah Sallsah Billah, Risma Sitohang

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan rendahnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Dreambook terhadap kreativitas siswa kelas IV SDN 060870 Medan. Penelitian ini dilakukan di SDN 060870 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, tes/evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Dreambook terhadap kreativitas siswa kelas IV SDN 060870 Medan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I diperoleh hasil dengan taraf signifikan ₐ = 0,05 dan (dk) = (n1 + n2) – 2, dk (25+25) – 2 = 48 diperoleh t_(tabel)= 2 . 01 dan t_(hitung) = 3,27 yang berarti t_(hitung) > t_(tabel), yaitu 3,27 > 2,01 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dreambook dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV siswa di SDN 060870 Medan. Hipotesis II dengan taraf signifikan ₐ = 0,05, dari tabel distribusi t diperoleh nilai t_48 = 2,10. Karena t_(hitung) > t_(tabel) yaitu 3,27 > 2,10.

Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa yang diajar dengan media dreambook lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan media dreambook

Keywords


Media Dreambook, Student Creativity

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Antika, Cicilia Rindi. 2019. Tingkat Kreativitas Siswa dan Implikasinya Terhadap

Program Pengembangan Kreativitas.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yirma Widya.

Fachrurrazi, Achmad. 2010. “Pemanfaatan Dan Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 6: 21–24.

Hasan, Muhammad; Milawati; Darodjat; HarahapTuti Khairani; TahrimTasdin; 2021. Tahta Media Group Media Pembelajaran.

Hidayati, Susi, Fahruddin, and I Made Suwasa Astawa. 2017. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Koran Bekas Di TK Mutiara Hati Mataram Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i2.16270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License