Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV YPI Nur Fadhilah

Fitri Margiani, Indah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan siswa dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA pada materi Gaya dan Gerak kelas IV YPI Nur Fadhilah. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning dimana model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif secara langsung dalam menggali pengetahuannya sendiri melalui observasi yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tes pilihan ganda.

Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji u atau bisa disebut uji Mann Whitney. Adapun hasil nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 75,68% sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-ratanya adalah 65%. Dari hasil pengujian U-test yang peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut. Berdasarkan pengujian diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan H0 ditolak). Artinya setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya dan gerak siswa kelas IV YPI Nur Fadhilah

Keywords


Discovery Learning, Learning Model , Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Darma, Budi. 2021. Statistika Penelitian. Bogor : Guepeda.

Djali. 2021.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231.

Setyawan, Dodiet Aditya. 2021. Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data dengan SPSS. Jawa Tengah : Tahta Media Group.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabet.

Sugiyono. 2018. metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i1.16272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License