Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan

Putri Nabila, Suci Perwita Sari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Al-Ikhlasiah Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol, mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen, dan mengetahui pengaruh  penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhalsiah Medan pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dijelaskan bahwa seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 57 siswa, terbagi menjadi 29 siswa di kelas kontrol dan 28 siswa di kelas eksperimen. Insrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal essay, dimana siswa mengerjakan pre test dan post test yang sudah di uji validitas dan reliabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa di kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 85,62, berbeda dengan siswa di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 70,17. Dinyatakan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa di kelas kontrol. Pembelajaran yang dilakukan pada siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA.


Keywords


Model Kooperatif Tipe Round Table, Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru IPA dalam Penggunaan Metode Round Table Melalui Pembinaan Terbimbing di SMPN 3 Masbagik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(November), 212–237. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar Hamelia Agustina., 5(I), 78–90. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424

Annisa, D. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 4(2), 1451–1459. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/610

Arifin, M., & Elfrianto. (2020). Manajemen Pendidikan Masa Kini (3rd ed.). UMSU PRESS.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Fatnawati Bunga Sari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 73–82.

Marwah, S. S., Syafe, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut KI Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14–26.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14–23.

Murdiana, Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0APengembangan

Nurhairani, & Dewita, A. (2018). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa. Jurnal Handayani, 9, 34–42.

Nurmala, A. (2020). Implementasi Metode Round Table pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N Mlonggo Jepara. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 48–59. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1273

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pratiwi, I. (2021). IPA untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (N. Amalia (ed.); 1st ed.). UMSU PRESS.

Rahayu, Dahlan, D., & Permana, L. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Think Pair Share dan Round Table Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(1), 18–25.

Rahmat, P. S. (2018). Studi Komparatif Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Round Table Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Equilibrium, 15, 75–87.

Rahmawati, Milenia Muji; Chasanatun, Fida; Sholikhah, O. H. (2022). Penerapan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 622–630. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (2nd ed.). PRENADAMEDIA GROUP.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skills). Tira Smart.

Sari, S. P. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Simulasi. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 122–130.

Sartika, N. S., Yulita, S. R., & Fajriani, A. (2020). Penerapan Round Table Berdasarkan Nilai Islami Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 100–105.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D0 (11th ed.). ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (12th ed.). ALFABETA.

Supardi. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan (perhitungan, penyajian, penjelasan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan) (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2980

Valianty, Mariana; Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1073–1081. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Walid, A. (2017). Strategi Pembelajaran IPA (Saepudin (ed.); 1st ed.). Pustaka Pelajar.

Warsono, H. (2016). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen (4th ed.). Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License