Pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) Berbasis Hots Berbantuan Media Live Worksheet Tema 7 Sub Tema 1 Kelas V

Yohanna Putri Rosari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan produk Pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) Berbasis HOTS Berbantuan Media Live worksheet Tema 7 Sub Tema 1 Kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah angket berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, praktisi pendidik dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian produk pengembangan ELKPD menunjukkan bahwa kelayakan melalui ahli media dengan rata-rata nilai 4,5 atau 93% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, ahli materi dengan rata-rata nilai 4,5 atau 90% dalam kategori “Sangat Layak” dan kepraktisan penggunaan media dalam pembelajaran dengan rata-rata nilai 34,5 atau 91% dalam kategori “Sangat Layak”. Berkaitan dengan keefektifan menunjukkan bahwa hasil uji coba pre-testmencapai 46,75 yang termasuk ke dalam tingkat capaian “Tidak Efektif” sedangkan hasil uji coba post-testmenunjukkan N-Gain 0,68 dalam katagori “Efektif”. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan ELKPD dengan kategori sangat layak, sangat praaktris dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di SD khususnya pada pelajaran tema 7 sub tema 1 di SDN 105292 Bandar Klippa.

Keywords


ELKPD, HOTS, LIVE WorkSheet, Tema 7 Sub tema 1

Full Text:

PDF

References


Abraham, Firda, Z, and Paulus. (2018). Tantangan Digital Sebagai Solusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Hijau: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi.

Andriyani, N., Hanafi,Y., Safitri Budi,Y,I., Hartini,S. (2020). Penerapan Mode Problem BasedLearningBerbantuan LKPD Live worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SDN Nugopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru. Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12.%20Novi%20AndriyaniPGSD%20%2 8122-130%29.pdf.

Ariyanto Apriliani. (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Higher Order ThinkingSkills (Hots) Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana Thesis, Universitas Negeri Jakarta. Diakses dari http://repository.unj.ac.id/74/1/1%20Cover%20%20Apriliani%20Ariyant o.pdf.

Azmi. (2019). Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik. Universitas Negeri Medan. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/43288/.

Hanim, Farida (2017) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IvSd Negeri 164330 Tebingtinggi. Mastersthesis, UNIMED. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/29658/.

Hilda,Karli. Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2752/1792.

Kamalia, Devi, P. (2011). Pengembangan Soal “Higher Order ThinkingSkill”.

Diakses dari http://p4tkipa.net/data-jurnal/HOTs.Poppy.pdf.

Katriani,Laila. (2014). Lembar Kerja Peserta Didik. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/laila-katriani-ssi- msi/pengembangan-lembar-kerja-peserta-didik-lkpd-ppm-dipa-fakultas- 20141.pdf.

Kratwatwohl, D. R. & Anderson L. W. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, AndAsseing: A RevisionofBloom’sTaxonomyOfEducationObjective. Diakses dari www.purdue.edu/geri.

Lathifa,F., Hidayanti., Zulandri. (2021). Efektivitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Pengabdian Magister. Universitas Mataram. Diakses dari file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/668%23%23default.genres.art icle%23%23-3156-1-10-20210308.pdf.

Noprida, Cintia Tri. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS. Indonesian Journalof Sains andMathematicsEducation. Volume 02 Nomor 02

Nugroho, Arifin. 2018. High Order ThinkingSkill. Jakarta: Grasindo

Misbahuddin., Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistika Edisi ke-2.. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Puspita,V., Dewi, P, I.(2021). Efektivitas E-LKPD Berbasisi Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Padang. Diakses dari https://scholar.google.co.id/scholar?q=Efektivitas+ELKPD+berbasis+Pe ndekatan+Investigasi+terhadap+Kemampuan+Berpikir+Kritis+Pesertadidik+Sekolah+Dasar&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart.

Riyadi, Beli, Chandra, Ertikanto, and Agus Suyatna, (2018). ‘The AnalysisAnd Design OfGuidedInquiry R. Worksheet Based To Develop “High Order ThinkingSkills” . Internasional JournalOfResearchGranthaalayah. Diakses dari https://doi.org/10.5281/zenodo.1336682

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.Bandung.

Sugiono. (2017) Metode Penelitian & Pengembangan Reserchand Development.

Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License