Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Sabrina Simbolon

Abstract


Penilaian hasil belajar dapat memberikan pembuktian dalam setiap aspek pembelajaran, baik pada aspek kognitif, afektif & psikomotor. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan tujuan belajar. Dimana tujuan belajar menurut Sadirman adalah bertujuan agar membentuk pengetahuan dan keterampilan,siswa menghidupi suatu sistem lingkungan belajar tertentu seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Beberapa tujuan assessment yang umum meliputi, Menilai kemampuan individu atau kelompok,,emberikan umpan balik terhadap hasil kerja dan tindakan,Membantu pengambilan keputusan dalam bentuk Tindakan serta  langkah yang tepat berdasarkan hasil evaluasi atau penilaian,Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan individu atau kelompok untuk mengembangkan strategi atau program yang lebih efektif. Memantau dan mengevaluasi perkembangan atau kemajuan peserta didik.Membuat keputusan dalam rekrutmen atau promosi karyawan.Membuat keputusan dalam memberikan penghargaan/sanksi. Merdeka belajar mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan Merdeka belajar.

Keywords


Assesment,Merdeka Belajar,Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agung, B. (2023). Pelatihan Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Di Yayasan Miftahul Huda Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Peduli, 1(1), 22–29.

Anisah, G. (2022). Kerangka Konsep Assessment of Learning, Assessment for Learning, Dan Assessment As Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i2.1201

Bahar, H., & Herli, Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

GH, M., Sadriani, A., & Adminira, Z. (2023). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 749–755.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Magdalena, I., Afianti2, N. A., & Yanti, A. A. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dengan Kurikulum 2013 Di Sd Islam Asysyakirin. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 466–476. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan guru sekolah penggerak dalam menganalisis prinsip asesmen dan prinsip pembelajaran pada kurikulum merdeka. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 164–174. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License