Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Siswa di Kelas II Sd Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai

Elliyani Syahputri, Melyani Sari Sitepu

Abstract


Tujuan dari peneitian ini untuk mengatahui pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca siswa di kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai kelas II yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas II A sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan kelas II B sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai.

 


Keywords


Media Kartu Kata Bergambar, Keterampilan Membaca.

Full Text:

PDF

References


Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (M. E. Dr. Asfah Rahman (ed.)).

Auliah, M., Halimah, A., Sulaiman, U., & ... (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Bontoramba Gowa. Jurnal Ilmiah …, 03(2), 148–156. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/download/22687/11867

Cahyadi. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur (Laksita indonesia (ed.)).

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT RajaGrafindo Persada.

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Ismiyati, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung. Jurnal AUDI, 3(2). https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2732

Lestari, O. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia (Mp. Winarti (ed.)). Umsupress.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (Resa Awahita (ed.)). CV Jejak.

Ramadan, I., & Tirtowarti, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Puisi Menggunakan Media Flash Card Kelas III Sdn 34. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11435%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11435/pdf

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1029

Sinambela. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teoretik dan Praktik (Monalisa (ed.); Dua). PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.

Tantawati, I. (2015). Terampil Berbahasa Indonesia (D. Widayati (ed.)). Citapustaka Media Perintis.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License