Keefektifan Peran Mahasiswa Indonesia Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Siswa Muslim Suksa School Thailand

Sahputra Apriano Sitohang, Ismail Saleh Nasution, Syamsuyurnita Syamsuyurnita

Abstract


Pada Tahun 2023 tepatnya pada tanggal 26 Agustus s/d 26 September 2023 sebanyak 45 mahasiswa KKN THAILAND melaksanakan KKN Internasional. Permasalahan penelitian adalah perbandingan keefektifan metode diskusi kelompok dan bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa di  Muslim Suksa School, Thailand. Tujuan penelitian untuk menentukan metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode diskusi kelompok dan bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa di  Muslim Suksa School, Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengambil mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia di kelas dasar. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar penilaian performansi keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen diperiksa melalui teknik interrater. Data kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample Test dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode bermain peran lebih efektif daripada metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Muslim Suksa School , Thailand


Keywords


keterampilan berbicara, diskusi kelompok,dan bermain peran

Full Text:

PDF

References


Fachrurrozi, Aziz & Mahyuddin, Erta. (2010). Pembelajaran bahasa asing metode tradi- sional dan kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.

Harun, Charlotte A. & Nadiroh, Siti. (2010). Role play dalam pembelajaran speaking di kelas III sekolah dasar [Versi electronik]. Jurnal pendidikan dasar Nomor: 14- Oktober 2010

Hayati, Yenni. (2010). Inovasi perkuliahan seja- rah sastra Indonesia dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor [Versi electronik]. Jurnal bahasa dan seni Vol.11 Nomor: 1 Tahun 2010.

Iskandarwassid. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Jingjit, J. (15 Agustus 2011). The southern border to Asian have to change the opinion of Bangkok. Diambil pada tanggal 10 Juli 2012, dari http://deepsouthwatch.org/dsj/2204

Muliastuti, Liliana. (2009). Prinsip-prinsip metode pengajaran bahasa Indonesia. Makalah disajikan dalam Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, di Universitas Negeri Jakarta.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progretif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tomkins, P.K. (Agustus 1998)

Role- playing/simulation. The internet TESL Journal. Vol. IV No.8, Diambil pada tanggal 2 Januari 2010, dari http://SIMULASI/Tompkins-Role Playing_simulation (I-TESL-J).html




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v5i1.18294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License