MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-B SDN 071062 Umbuhumene dengan jumlah siswa 25 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 83,76 dengan persentase ketuntasan 92% dan rata rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 86,21 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelasV-B SDN 071062 Umbuhumene meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dan Proses pembelajaran PKn di kelas V-B SDN 071062 Umbuhumene terperbaiki dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i3.8681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id

Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License