ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS RENDA

Amin Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami siswa, (2) penyebab kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami oleh siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes dan angket. Tes digunakan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah ditinjau dari kesulitan pada pemahaman konsep, keterampilan dan pemecahan masalah. Angket digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami siswa meliputi kesulitan pemahaman konsep dengan kategori tinggi, kesulitan pada penguasaan keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah dengan kategori tinggi (2) Faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah meliputi faktor internal yaitu minat dengan kategori cukup berpengaruh, motivasi dengan kategori cukup berpengaruh, intelegensi dengan kategori berpengaruh dan faktor eksternal meliputi faktor guru dengan kategori cukup berpengaruh dan buku siswa dengan kategori cukup berpengaruh

Keywords


Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i2.9630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License