ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS RENDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami siswa, (2) penyebab kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami oleh siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes dan angket. Tes digunakan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah ditinjau dari kesulitan pada pemahaman konsep, keterampilan dan pemecahan masalah. Angket digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan-kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah yang dialami siswa meliputi kesulitan pemahaman konsep dengan kategori tinggi, kesulitan pada penguasaan keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah dengan kategori tinggi (2) Faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah meliputi faktor internal yaitu minat dengan kategori cukup berpengaruh, motivasi dengan kategori cukup berpengaruh, intelegensi dengan kategori berpengaruh dan faktor eksternal meliputi faktor guru dengan kategori cukup berpengaruh dan buku siswa dengan kategori cukup berpengaruh
Keywords
Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i2.9630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License