Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Rendah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Amin Basri

Abstract


Dalam praktik pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi, hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa mengalami penurunan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa melalui media gambar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan metode yang kemudian dideskripsikan dengan melihat hasil evaluasi dan portofolio yang diberikan Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa sebelum tindakan menunjukkan ketuntasansebelumnya ialah 36% dan menigkat menjadi 84%.

Keywords


Media Pembelajaran, hasil belajar, Kemampuan menulis

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional,

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif (Jakarta: Kencana, 2009)

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran cetakan ke 14 (Jakarta:Rajawali Pers, 2011)

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Samsu, Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research, dan Development), (Jambi: PUSAKA, 2017)

Suhendar Akip , dkk. Media Pembelajaran Mengenal Bentuk Dan Warna Berbasis Multimedia Pada Ra Al Araaf, Vol 1 1 september 2014

Elisa Irukawa, 10 pengertian menulis menurut para ahli dan KBBI, diakses dari laman website https://penerbitdeepublish.com/pengertian-menulis/, pada tanggal 12 Desember 2021, jam 23.40 wib.

Hernawan Asep Herry Makna ketuntasan dalam belajar diakses dari laman https://media.neliti.com/media/publications/220175-makna-ketuntasan-dalam-belajar.pdf , pada tanggal 14 Desember 2021 jam 10.18 wib

Kamus 2016 Pada KBBI online edisi 5. Diambil pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 13.18 wib, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Menulis




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i1.9631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License