NUMERASI DI KELAS III SD ISLAM SEI MERBAU

Eny Yulia Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan program numerasi pada saat kegiatan kampus mengajar angkatan 2 di kelas III SD Islam Sei Merbau Kota Tanjung Balai dengan fokus utama untuk mendapatkan gambaran kemajuan tingkat numerasi peserta didik. Data yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk pengambilan tindakan yang lebih baik di kemudian hari. Penelitian ini dilkaukan selama program kampus mengajar dengan melakukan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu melalui pengamatan, test tertulis dan test lisan. Indikator numerasi untuk kelas III meliputi kemampuan mengerjakan perkalian sederhana, pemahaman dan kemampuan menuliskan bilangan satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan sepuluh ribuan, kemampuan mengucapkan pecahan sederhana, kemampuan mengerjakan penjumlahan kebawah, dan kemampuan mengetahui jumlah mata uang dan menjumlahkannya. Jenis penelitian dalam penelitian ini penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data dalam bentuk numerik dan objektif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ialah menggunakan test tertulis dan juga tes lisan serta pengamatan setiap hari kepada peserta didik untuk memperoleh informasi secara langsung dari subjek penelitian. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas III SD Islam Sei Merbau Kota Tanjung Balai dengan populasi sebanyak 14 orang siswa. Hasil yang didapatkan dalam peneliitian ini menunjukkan nilai numerasi awal masing-masing sebesar 29, 28, 20, 24 dan 18 dan pada minggu ke 19 nilai numerasi meningkat masing-masing sebesar 71, 70, 66, 71, dan 63. Nilai numerasi dengan total 68,2 sudah mencapai target sekolah yakni 65.


Keywords


Program Kampus Mengajar, Numerasi, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Anwar, Rosyida Nurul. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(1): 21019.

Asdiniah, Euis Nur Amanah, and Anggraeni Dewi Dinie. 2021. Urgensi Merdeka Belajar : Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. JPKN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 5: 2534.

Ashri, Dewi Nadhila, and Heni Pujiastuti. 2021. Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 8(2): 17.

Cahyanovianty, Alda Dwi. 2021. Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 02(04): 21727.

Mahmud, Muhammad Rifqi, and Inne Marthyane Pratiwi. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 6988.

Rosita, Devi Ayu, and Rini Damayanti. 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1): 4249.

Sudaryanto, Sudaryanto, Wahyu Widayati, and Risza Amalia. 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i2.9854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License