STEM TPACK DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS 2045

Trisya Ananda Siregar

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Tujuan utama pendidikan masa kini adalah menciptakan generasi emas dengan meluaskan kesempatan yang ada melalui akses pendidikan yang lebih tinggi. Peran STEM TPACK sangat penting dalam peningkatan kreativitas yang merupakan salah satu indikator dalam pencapaian Indonesia Emas 2045. Metode penelitian yang digunakan metode one shot experiment. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak14 orang. Instrumen yang diberikan adalah instrumen tes kreativitas belajar siswa menggunakan Metode Stem TPACK . Penelitian ini diadakan di SD Swasta R.A Kartini Cerdas Bangsa di kelas IV . Hasil pretes yang didapat adalah 63,71. Setelah diadakan implementasi STEM TPACK, maka diadakan uji postes dengan nilai rata-rata sebesar 93,07. Berdasarkan hasil rerata ini, maka terdapat peningkatan kreativitas siswa melalui Metode STEM TPACK.


Keywords


Indonesia Emas, STEM, TPACK, kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Darman, Ade Regina. 2017. Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika. (3)2, 73-87.

Harahap, Malasari dkk. 2018. Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Holothuria atra) di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa. Journal of Maquares. 7(3), 263-269.

Mulyati. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Students Team Achievement Division (STAD) (Penelitian Tindakan di SMB Dhammasen, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara). Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan. VI(1).

Ramlawati & Sitti Rahma Yunus. 2021. Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan STEM.

Setiawan, Nur Candra Eka dkk. 2020. Pengenalan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. (5)2.

Suhardi, Didik. 2017. Peta Jalan Generasi Emas Indonesai 2045. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyamto, Joko dkk. 2020. Analisis Kemampuan Tpack (Technological, Pedagogical, and, Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem

Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA.

(9)1, 46-47.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.9857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License