P3L: Pemberdayaan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis

Faiz Ahmad Sibuea, Muhammad Buhari Sibuea, Fadhil Pahlevi Hidayat

Abstract


Lembaga keuangan mikro agribisnis (LKMA) Karya Berseri di Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai lembaga permodalan usahatani bagi petani yang tergabung didalam kelompok tani di daerah tersebut. Ketika petani mengalami kekurangan modal maka petani tidak bisa melakukan proses produksi bertani secara maksimal. Oleh sebab itu petani sering melakukan pinjaman dengan melakukan utang kepada rentenir dengan tingkat bunga yang tinggi. Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Karya Berseri ialah satu dari sekian banyak lembaga keuangan yang terbentuk dari program-program pemberdayaan masyarakat. Lembaga ini terbentuk dari program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) yang berada di bawah koordinasi Kementerian Pertanian. Namun, petani yang sudah mengakses peminjaman modal hanya sedikit dimana dari total 547 petani yang ada didaerah tersebut tercatat 236 orang sudah menjadi anggota LKM-A. Jika dilihat dari persentasenya hanya 43% yang masih bergabung. Hal ini menunjukkan partisipasi petani dalam LKM-A belum optimal. Untuk itu, perlu dilakukan sosialiasasi dan monitoring untuk peningkatan jumlah nasabah yang masuk kedalam keanggotaan LKMA Karya Berseri. Kegiatan yang dilakukan mengarah kepada khalayak sasaran terutama kemampuan dalam melakukan komunikasi secara persuasif untuk mengajak petani bergabung kedalam LKMA. Kemudian khusus kepada pengelola lembaga keuangan mikro agribisnis diberikan sosialisasi berupa penerapan prinsip manajemen modern sehingga mampu berkontribusi dalam memanjukan lembaga keuangan mikro agribisnis sesuai dengan potensi sumber daya modal dan sumber daya manusia yang tersedia secara tepat sasaran yang pada akhirnya akan meningkatkan pemberdayaan masyarakat tani di Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai.


Keywords


Pemberdayaan, Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis, Kelompok Tani

Full Text:

PDF

References


Al Bara, Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Mompreneur Bagi Ibu-Ibu Di Pimpinan Cabang Aisyiyah Duriankota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126-135.

Amelia, Indah. 2016. Peranan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) dalam Usahatani Hortikultura pada Gapoktan Kompak Kelurahan Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur. Jurnal Agroqua. Program Studi Agribisnis Universitas Dahasen. Vol.16.

Efriyenti, D., & Tukino. (2020). Pembinaan Pengelolaan Keuangan Dengan Aplikasi ABSS Accounting Pada UKM Snack dan Cookies di Kota Batam. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 152-169.

Jufrizen, Sari, M., Nasutian, I. M., Akrim, & Fahmi, M. (2019). Spiritual Leadership And Workplace Spirituality: The Role Of Organizational Commitment. ICEMAB 2018: Proceedings of the 1st International Conference on Economics, (pp. 100-105).

Mosher, A.T. 1966. Getting Agricultural Moving. Frederick A. Praeger, Inc., Publishers, New York.

Siregar, C. A., Affandi, & Umurani, K. (2020). Perancangan Mesin Pengaduk Bumbu Kripik Ubi Untuk Peningkatan Produksi Industri Rumah Tanggadi Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 123-128.

Todaro, M.D. 1984. Economic Development in The Third World. Second Edition. London: Longman.

Wahyuni, Triane 2019. Pengaruh Lembaga Mikro Agribisnis terhadap Peningkatan Pendapatan Anggota Kelompok Tani Studi pada Desa Barebbo Kecamatan Barebbo. Jurnal Agriwidya. Vol.1 No.2

Zakaria, Muhammad. 2017. Peran Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Amanah Mandiri Syariah Terhadap Kelompok Tani di Desa Sekarputih Kecamatan Bogor Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis.4(2): 211-227.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.12080

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.12080.g10490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882