Problematika Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 6 Di Sd Muhammadiyah 5 Kota Bengkulu

Indah Kirani, Reni Kusmiarti, Eka Sahputra

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi siswa yang ada di Indonesia menjadi salah satu problematika yang harus dihadapi sekolah dalam menumbuh kembangkan intelektual dan kompetensi siswa. Ada berbagai problematika yang bisa menyebabkan rendahnya kemampuan literasi siswa seperti sarana dan prasarana sekolah,siswa serta guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan upaya mengatasi problematika gerakan literasi sekolah yang ada di Sd Muhammadiyah 5 Kota Bengkulu melalui program kampus mengajar angkatan 6. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi.


Keywords


Kampus Mengajar,GLS,Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Rahmah, A. N. A., & Triristina, N. (2021, September). Kampus Mengajar: Transformasi Budaya Belajar Siswa dalam Adaptasi Kebiasaan Baru di Madura. In NiCMa: National Conference Multidisplinary (Vol. 1, No. 1, pp. 34-39).

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 122–127.

Wahyuningsih, S., & Mustadi, A. (2019). The Implementation of Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Program in Elementary School. KnE Social Sciences, 2019, 568–580. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4684

Wiguna, A. C., Oktari, D., Tobing, J. A. D. E., & Fajar, R. P. A. L. (2022). Problematika Literasi Membaca pada Generasi Penerus Bangsa dalam Menghadapi Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1478–1489.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663

Zamrodah, Y. (2016). GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH ISLAM (Sebuah Analisis Implementasi GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul). AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(2), 1–23.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.17942

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.17942.g12183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DESKRIPSI GAMBAR

 

DESKRIPSI GAMBAR

 

Online ISSN:2685-9882 

This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0