Penggunaan Media Teknologi Digital Canva Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dengan Tema Literasi di Kelas IV SD Negeri 118 Bengkulu Utara Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Lathifah Lamis, Eli Rustinar, Hasmi Suyuthi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media teknologi digital canva sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia dengan tema literasi di kelas IV SDN 118 Bengkulu Utara untuk meningkatkan pemebelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kurt Lewin yang terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 118 Bengkulu Utara yang berjumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan hasil analisis data evaluasi berupa assessment formatif post test. Berdasarkan hasil analisis data evaluasi pada PPL siklus 1, hanya sebesar 73% peserta didik yang telah mencapai KKTP sedangkan pada hasil analisis evaluasi siklus 2 sebesar 88% peserta didik yang telah mencapai KKTP. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa kemampuan literasi peserta didik meningkat dengan menggunakan media pembelajaran digital canva.

 

 

 


Keywords


Literasi; Canva; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. D., & Wirawati, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 12(2), 220. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i2.2418

Astutik, U., Pandanrejo, S., & Bumiaji Batu, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Melalui Media Chromebook Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tema 7 Siswa Kelas IV SDN Pandanrejo 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 775–800. https://jurnal.widyahumaniora.org/

Debora Napitupulu, F., Sihombing, Y., Monalisa Hutapea, D., Friska, W., & Julprika Veronika Tambunan, J. (2024). Penggunaan Media Canva Dalam Pengenalan Power Point Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. 2(1), 86–96. https://www.canva.com

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue 1). https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf

Hudaa, S., Bahtiar, A., & Nuryani, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 384. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2361

Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Irwanto, Kraugusteeliana, Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sugena, U., Nurhayati, S., Indriana, I. H., & Putri, M. S. (2023). Literasi Media Digital (Vol. 01).

Muhammad Hasan, et. al. (2016). Pembelajaran Digital.

Oleh, D., & Dewi, R. C. (2024). Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Literasi Digital. 23–31. https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora

Penelitian, J., & Indonesia, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada. 1(4), 5–11.

Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., Sopia, S., & Septiani, F. A. (2022). Media pembelajaran digital dalam menstimulasi keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/51579

Shofia Rani, I. S. R., & Septiana, I. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Quick Response Code Materi Teks LHO Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 198–214. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.226

Silaban, B., Lumban Raja, R. A., Silaban, E., Nababan, S., & Sibarani, D. S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi PesertaDidik Sekolah Dasar Melalui Aplikasi Canvadi Desa Kandibata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1459–1468.

Wulandari, N., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Digital Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 21–26.

Yanuarti, R., & Wibowo, M. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–48.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.20328

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i2.20328.g12274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DESKRIPSI GAMBAR

 

DESKRIPSI GAMBAR

 

Online ISSN:2685-9882 

This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0