Parenting Bernuansa Wasathiyah Dalam Membangun Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TK Aisyiyah Kota Medan

Hasanuddin Hasanuddin, Nurzannah Nurzannah, Amini Amini, Nurman Ginting, Juli Maini Sitepu, Widya Masitah

Abstract


Term moderasi beragama lebih banyak berkutat pada kalangan intelek. Buku yang mengangkat term moderasi beragama untuk anak usia dini masih minim sekali. Terdapat kendala dalam menjelaskan term moderasi beragama dalam mata pelajaran bagi anak usia dini, terlebih lagi anak usia dini masih pada tahap awal mengenal agama. Hal seperti itu mudah sekali di terima oleh anak yang kurang memiliki karakter kebangsaan dan moderasi beragama yang kuat. Pendidikan karakter sangat penting, terlebih pada anak usia dini. Jika mereka tumbuh pada dalam lingkungan yang harmonis, toleran, damai, maka mereka akan mengembangkan perilaku dan pikiran dengan sehat dan bijaksana. Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan merupakan salahsatu Ortom Persyarikatan Muhammdiyah melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah yang merupakan mitra dalam kegiatan PKPM ini, memiliki peran penting dan strategis dalam mempersiapkan generasi yang berkarakter, yang tentunya yang berorientasi pada nilai-nilai ajaran Islam Wasathiyah. Untuk dapat membangun nilainilai moderasi beragama sejak dini dengan berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran yang ada di lembaga pendidikan usia dini melalui lembaga pendidikan TK ABA Aisyiyah

Keywords


Parenting, Wasathiyah, Moderasi Beragama, TK ABA

Full Text:

PDF

References


Afwadzi, B., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2020). Membangun Moderasi Beragama Dengan Parenting Wasathiyah Dan Pendahuluan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 106–120.

Astuti, A. R. T., Herman, H., Hadawiah, R., & Ardiyanti, N. (2018). Tantangan Parenting Dalam Mewujudkan Moderasi Islam Anak. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(2), 301–320. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i2.660

Baidhawy, Z. (2015). The Muhammadiyah's Promotion of Moderation. American Journal of Islamic Social Sciences, 69-88.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. INTIZAR, 25(2).

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Hadiat, S. (2021). Mengarusutamakan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 158–167. https://doi.org/10.5281/zenodo.5508208

Kholisotin, L. (2020). Sejarah Perkembangan TK Aisyiah Bustanul Athfal (TK ABA) Di Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 16–28. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1227

Khozin. (2015). Muhammadiyah dan Spiritualitas Islam Tradisi, Apresiasi, dan Perubahan. SALAM, 18, 184-200.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Nasir, H. (2009). Manhaj Gerakan Muhammadiyah Ideologi, Khittah, dan Langkah. In Suara Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.20360

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v6i1.20360.g11566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882