Penguatan Kapabilitas Social Emotional Learning Guru Ekonomi untuk Optimalisasi Kurikulum Merdeka

Kemal Budi Mulyono, Kusumantoro Kusumantoro

Abstract


Kapabilitas Social Emotional Learning (SEL) guru memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan peserta didik. Namun, banyak guru belum menguasai kapabilitas ini, sementara pelatihan CASEL hanya tersedia untuk guru penggerak, yang jumlahnya kurang dari 10% dari total guru. Dengan seluruh sekolah diwajibkan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka, pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapabilitas SEL guru ekonomi di Kota Semarang melalui model pemberdayaan masyarakat yang melibatkan fasilitator guru penggerak. Model pemberdayaan ini fokus pada penyusunan modul ajar berbasis CASEL dengan tahapan rekonsiderasi, investigasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, diulang dalam 2–3 siklus hingga tercapai implementasi optimal. Hasil pengabdian menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dari 54 peserta, dengan keberhasilan pada optimalisasi Kurikulum Merdeka, pencapaian materi pembelajaran ekonomi, dan peningkatan pemahaman peserta. Program ini mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional melalui penguatan kompetensi guru.


Keywords


SEL, Guru Ekonomi, Guru Penggerak

Full Text:

PDF

References


Andini, F., Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran guru dengan kompetensi sosial emosional dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk membangun student well-being pada sekolah menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 175-182. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1490

Avandra, R., Neviyarni S., & Irdamurni. (2023). Pembelajaran sosial emosional terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5560-5570. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1314

Barnes, S. P., & Jones, S. M. (2022). Social and emotional learning (SEL) in schools. Social and Emotional Learning (SEL) in Schools. https://doi.org/10.4324/9781138609877-ree113-1

CASEL. (2020). The CASEL Guide: Effective Social and Emotional Learning Programs. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning.

Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., Weissberg, R. P., & Gullotta, T. P. (2016). Handbook of social and emotional learning: Research and practice. Guilford Publications.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The impact of enhancing students’ social and emotional learning: A meta‐analysis of school‐based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01564.x

Jones, S. M., Bouffard, S. M., & Weissbourd, R. (2017). Educators’ social and emotional skills vital to student success. Harvard Education Press.

McKown, C., & Weinstein, R. S. (2008). Teacher expectations, classroom context, and the achievement gap. Journal of School Psychology, 46(4), 335-362. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2007.11.002

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery (London, England), 78, 185. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018

Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA result and impact on the reading learning program in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018). https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77

Penuel, W. R., Briggs, D. C., Davidson, K. L., Herlihy, C., & Sherer, D. (2017). Findings from a study of the effectiveness of teacher professional development in the United States. Educational Policy Analysis Archives, 25(1), 1-28. https://doi.org/10.14507/epaa.25.2397

Purnamasari, N. I., Isnaini, Z. P., & Azis, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional pada masa Pembelajaran Jarak Jauh. Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1), 192-231. https://doi.org/10.54180/joeces.2022.2.1.192-231

Walker, W. (2022). Impact of social-emotional learning on critical consciousness. Proceedings of the 2022 AERA Annual Meeting. https://doi.org/10.3102/1892003

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427

Zins, J. E., Bloodworth, M. R., Weissberg, R. P., & Walberg, H. J. (2004). The scientific base linking social and emotional learning to school success. Journal of Educational and Psychological Consultation, 15(2-3), 233-260. https://doi.org/10.1080/10474412.2004.9682896




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v7i1.22364

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v7i1.22364.g13359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DESKRIPSI GAMBAR

 

DESKRIPSI GAMBAR

 

Online ISSN:2685-9882

This work is licensed under CC BY-NC-ND 4.0