PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai

Suvriadi Panggabean, Elfrianto Nasution, Ismail Hanif Batubara

Abstract


Mitra kegiatan PKM ini adalah dua sekolah mitra UMSU, yakni SMP Satu Nusa Binjai dan SMA Satu Nusa Binjai. Guru-guru pada dua sekolah tersebut diberikan pelatihan pembuatan media kuis interaktif online quizizz. Target khusus yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan PKM ini menghasilkan guru-guru melek teknologi dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran secara daring/online. Guru yang mendapat manfaat dari kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pengimbasan kepada guru-guru bidang studi lain di sekolah mereka atau dalam kegiatan MGMP masing masing kelompok guru bidang studi. Metode pendekatan yang ditawarkan pada kegiatan PKM ini adalah pendampingan penuh dengan tahapan: 1) Pertemuan awal kepada guru mitra dalam kegiatan penyamaan persepsi tentang pentingnya IT dalam pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, 2) Pelatihan intensif mengembangkan soal pr/kuis/ujian dan aplikasi soal kuis/ujian daring/online pada media kuis interaktif online quizizz, 3) FGD terkait media kuis interaktif online quizizz yang dikembangkan dalam pelaksanaan pr/kuis/ujian siswa, 4) Simulasi/praktek uji coba langsung dan 5) evaluasi hasil kegiatan.


Keywords


Pelatihan,, MOOC, Quizizz

Full Text:

PDF

References


Bahar, Ayunara. (2017). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Tersedia pada http://www.ahzaa.net/2017/08/ membuat-kuis-interaktif-kelas-dengan.html (diakses tanggal 29 Desember 2019).

Kemdikbud.. (2019). Dapodik Sekolah SMP Satu Nusa Binjai. Tersedia pada https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/188605EB4BD7A2C3917C (diakses tanggal 29 Desember 2019).

Kemdikbud.. (2019). Dapodik Sekolah SMA Satu Nusa Binjai. Tersedia pada https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/96B54D6EEFF9C7115657 (diakses tanggal 29 Desember 2019).

Official Website Quizizz. 2020. https://quizizz.com/. Diakses pada 20 Agustus 2020.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika dan Terapan (pp. 25-30).

Sari, D. P., Putra, R. W., & Syazali, M. (2018, Juli). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Pendidikan Matematika, 12(2).

Susanti, D. D., & Khabibah, S. (2013). Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Komputer pada Materi Bola. MATHunesa, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5338

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5338.g4617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882