Dampak Bahan Kimia Berbahaya dalam Makanan terhadap Kesehatan

Isra Thristy, Amelia Eka Damayanty, Nanda Sari Nuralita

Abstract


Abstrak: Masyarakat telah menggunakan dan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya dalam kehidupan sehari-hari. Bahan kimia berbahaya ini apabila menumpuk di dalam tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Zat adiktif makanan yang dimaksud dalam hal ini adalah pengawet, penyedap, pewarna, pemantap, antioksidan, pengemulsi, pengumpal, pemucat, pengental, dan anti gumpal. Bahan tambahan pangan (BTP) merupakan bahan tambahan yang secara sengaja ditambahkan pada makanan/minuman dengan maksud untuk memperbaiki tampilan makanan/minuman. jenis bahan tambahan pangan golongan pengawet yang dilarang penggunaannya dalam produk pangan antara lain adalah formalin dan asam borat. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan melalui penyuluhan atau edukasi dan diakhiri dengan diskusi. Kegiatan tersebut diharapakan dapat meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat tentang penggunaan bahan kimia berbahaya maupun bahan aditif makanan khususnya di lingkungan keluarga. Dari hasil kegiatan ini didapatkan terjadi peningkatan pengetahuna masyarakat mengenai bahan kimia yang terkandung dalam makanan, dampaknya dan cara sederhana mendeteksinya yaitu menjadi 76% peserta memiliki pengetahuan baik

Keywords


bahan kimia berbahaya, kesehatan, makanan

References


Nurisman, Enggal, et al. "Pembinaan Dan Edukasi Metode Identifikasi Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan Di Lingkungan Madrasah Aliyah Patra Mandiri." Jurnal Pengabdian Community 2.2 (2020): 45-51.

Badan POM RI. Brosur: Bahan Berbahaya Pada Pangan. Jakarta: Direktorat Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya, (2015).

Paratmanitya, Yhona, and Veriani Aprilia. "Kandungan bahan tambahan pangan berbahaya pada makanan jajanan anak sekolah dasar di Kabupaten Bantul." Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics) 4.1 (2016): 49-55.

Rohmah, Jamilatur, and Vanda Rezania. "PPM Cara Mudah dan Sederhana Deteksi Bahan Kimia Berbahaya Pada Makanan di SDN Keboharan Krian Sidoarjo." Madaniya 2.2 (2021): 101-106.

Amir, Nursinah, and Chanif Mahdi. "Evaluasi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya Pada Produk Perikanan Di Kota Makassar." Fish Scientiae 8.1 (2018): 14-24.

Setiawan, Adhi, et al. "Sosialisasi Dampak Pemakaian Bahan Kimia Rumah Tangga Dan Bahan Aditif Makanan Terhadap Kesehatan Keluarga." Jurnal Cakrawala Maritim 1.1 (2018): 15-20.

Martini, Sri, et al. "Penyuluhan Tentang Dampak Dan Deteksi Bahan Pengawet Kimia Berbahaya Pada Bahan Makanan." Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.2 (2021).

Thristy, Isra, and Nanda Sari Nuralita. "Dampak Pemakaian Bahan Kimia Rumah Tangga Terhadap Kesehatan Keluarga Di Kelurahan Tegal Sari Mandala Medan." Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 6.1 (2021): 65-69.

Shofi, Muh, et al. "Peningkatan Pengetahuan Bahaya dan Deteksi Bahan Kimia Berbahaya Pada Bahan Makanan." Journal of Community Engagement and Empowerment 2.2 (2020).




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v3i3.11846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id