Hubungan Keterampilan Klinis dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran UMSU

Anggy Akbar Tambunan

Abstract


Pendahuluan: Kemampuan keterampilan klinik merupakan keterampilan yang digunakan oleh seorang dokter untuk mensintesis, menyimpulkan serta menginterpretasi setiap informasi klinis yang telah didapat dari seorang pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang didapat. Kemampuan keterampilan klinik ini dikembangkan terus menerus dari setiap proses pembelajaran di pendidikan dokter. Metode: Metode penelitian ini adalah analitik korelatif dengan desain cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 105 orang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Uiversitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil: berdasakan uji analisis data dengan uji  statistik Pearson dijumpai nilai p 0,995 (p>0,05) yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian dijumpai nilai r -0,01 yang menyatakan bahwa kekuatan korelasi yang sangat lemah tetapi hubungan negatif yang berarti semakin tinggi keterampilan klinis mana semakin rendah kesiapan praktin lulusan dokter FK UMSU. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan klinis dan kesiapan praktik lulusan dokter FK UMSU.

References


Dasman, Hardisman. Pandangan Mahasiswa Terhadap Hambatan Pada Pelaksanaan Skill Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2013 ; 2 (3): 181.

Febri Endra, Budi Setyawan. Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien. Magna Medika Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan. 2017 ; 1 (4) : 51–57. Diunduh Dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/APKKM/article/download/3282/3102

Romyn, D., Linton, N., Giblin, C., et al. Successful Transition of the New Graduate Nurse. International Journal of Nursing Education Scholarship. 2009; 6(1), pp. -. Retrieved 20 Oct. 2019, from doi:10.2202/1548-923X.1802

Fealy GM, McNamara MS. Guest Editorial: Scholarship, interdisciplinarity and academic identity. Journal Clinal Nurse. 2007;16(8):1393-1397. Available from doi:10.1111/j.1365-2702.2006.01898.x

Zinsmeister LB, Schafer D. The exploration of the lived experience of the graduate nurse making the transition to registered nurse during the first year of practice. Journal Nurses Staff Dev. 2009;25(1):28-34. Available from doi:10.1097/NND.0b013e318194b58c

Roger W. Commentary on Levett-Jones T & Lathlean J (2009) the Ascent to Competence conceptual framework: An outcome of a study of belongingness. Journal Clinical Nurse. 2009;18(20):2918-2919. Available from doi:10.1111/j.1365-2702.2008.02742.x

Ginting, Vera Polina Br. Penanggulangan Malpraktek yang Dilakukan oleh Tenaga Kesehatan. Fakultas Hukum Universitas Lampung: 1.

Hochberg, Mark S. et al. Perspective: Malpractice in an Academic Medical Center: A Frequently Overlooked Aspect of Professionalism Education. Academic Medicine. 2011 ; 86 (3): 366.

Heryanto, Bambang. Malpraktik Dokter Dalam Perspektif Hukum. Jurnal Dinamika Hukum.2010;10 (2): 184.

Panggabean, Agnesia Feronika, and Nyimas Natasha A S. Gambaran Performa Instruktur Skill Lab Program Studi Kedokteran Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Ksehatan Universitas Jambi. JMJ. 2015; 4 (1): 16.

Wijaya, Diani Puspa. Kemampuan Clinical Reasoning Pada Ujian OSCE. JMJ. 2017; 5 (2): 96.

Rizwan Hasyim, Khadijah Qamar et al. Role of Skill Laboratory Training in Medical Education-Students Perspective. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan.2015; 26(3) : 195

Anisa R. Persepsi Terhadap Kesiapan Praktik Kedokteran Oleh Lulusan Program Studi Pendidikan Doktterr Universitas Islam Malang. Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran. 2014

Braniff C, Spence RA, Stevenson M, Boohan M, Watson P. Assistantship improves medical students’ perception of their preparedness for starting work. Med Teach. 2016;38:51–8

Miles S, Kellet J, Leinster S. Medical graduates’ preparedness to practice: a comparison of undergraduate medical school training. BMC Medical Education (2017) 17:33 DOI 10.1186/s12909-017-0859-6

Cave J, Woolf K, Jones A, Dacre J. Easing the transition from student to doctor: how can medical schools help prepare their graduates for starting work? Med Teach. 2009;31:403–8

Burford et al.: The relationship between medical student learning opportunities and preparedness for practice: a questionnaire study. BMC Medical Education 2014 14:223

Mirza N, Manankil-Rankin L et al. Practice Readiness of New Nursing Graduates: A Concept Analysis.Journal of Nursing Education and Practice.2019;37(6):68-74

Dlamini C, Mtshali N et al. New Graduates’ Readiness for Practice in Swaziland: An Exploration of Stakeholders’ Perspectives. Journal of Nursing Education and Practice.2014;4(5):148.

Casey K, Fink R, et al. Readiness for Practice: The Senior Practicum Experience. Journal of Nursing education and practice.2011;50(11):646.




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v4i2.14412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id