Implementasi Workplace-based Learning dalam Pendidikan Residensi

Dewi Sitoresmi Ayuningtyas

Abstract


Pembelajaran berbasis tempat kerja (workplace-based learning), khususnya pendidikan residensi, menitikberatkan hubungan antara pembimbing, residen, dan pasien. Kebutuhan dan kondisi pasien yang tidak dapat diprediksi sangat mempengaruhi sesi pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Dalam pendidikan residensi, hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi sehari-hari. Namun, banyak kesempatan yang berharga dalam pembelajaran jika tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan implementasi pembelajaran berbasis tempat kerja dalam pendidikan residensi, tantangan dan solusinya. Tinjauan Pustaka ini disusun mulai Maret hingga April 2024. Penelusuran artikel dilakukan dengan menggunakan kata kunci workplace-based learning, pendidikan residensi, supervisi, dan umpan balik. Implementasi pembelajaran berbasis tempat kerja dapat dilihat dari tiga aspek utama, yaitu pembelajaran, pembimbing, dan umpan balik. Dari sisi pembelajaran, residensi diharapkan memiliki kurikulum yang terstruktur dan memfasilitasi reflective learning. Kultur, yang masih kuat pengaruhnya di negara ini, juga seharusnya dapat mendampingi dan mendukung proses pendidikan dengan baik; tanpa adanya learner humiliation yang menimbulkan rasa takut dan cemas pada residen. Pembimbing tidak hanya harus memiliki ilmu dan keterampilan sesuai bidangnya, tetapi juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik dan menjadi role model bagi para residen. Umpan balik seharusnya diberikan secara spesifik dan efektif. Salah satu model yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pemberian umpan balik di dunia residensi ialah metode R2C2 (relationship, reaction, content, coaching). Terdapat berbagai faktor yang dapat dioptimalkan dalam implementasi pembelajaran berbasis tempat kerja pada pendidikan residensi. Pendidikan haruslah berjalan berdampingan dengan pelayanan di rumah sakit. Residen yang menjalani proses pembelajaran dengan baik dan nyaman diharapkan dapat menjadi dokter spesialis yang kompeten di masa mendatang.

Keywords


workplace-based learning, pendidikan residensi, pembimbing, supervisi, dan umpan balik



DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v5i2.19727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id