Gambaran Burnout pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Shabiha Adesty Hawary, Ratih Yulistika Utami

Abstract


LatarBelakang: Pada awalnya burnout hanya dikenal serta diamati di lingkunganpekerjaan dan pelayanan pada masyarakat saja, tetapi sekarang burnout dapat terjadipada mahasiswa kare­na memiliki tuntutan belajar yang tinggi, terdapat perasaan kurangmampuataupunkurangkom­petenpadabidangnya.Haltersebutjugadialamiolehmahasiswa kedokteran. Terdapat faktor yang mempengaruhi burnout pada mahasiswakedokteranyaituakibatstresakademikyangting­gi,lingkunganakademikyangkompetitif, faktor kurikulum pendidikan, kurangnya waktu tidur sehingga hal-hal inimenyebabkan Mahasiswa Kedokteran dapat menyebabkan kejadian Burn­out. Tujuan:MengetahuigambaranprofilburnoutpadamahasiswapendidikanprofesiFakultasKedokteranUniversitasMuhammadiyahSumateraUtara.Metode:Penelitianinimenggunakan deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian iniberjumlah 170 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Pengambilan datadiperolehdaridataprimerdenganpengisiankuesionerMaslachBurnoutInventoryGeneral Survey for Student (MBI-(GS)(S)) pada Mahasiswa Pendidikan Profesi FakultasKedokteranUniversitasMuhammadiyahSumateraUtaraangkatan2020dan2021.Selanjutnya data dianalisis secara univariat untuk melihat gambaranprofil Burnout.Hasil: Hasil penelitian didapatkan dari 170 responden didapatkan 26 responden (15,3%)mengalami Burnout. Dari 26 responden yang mengalami Burnout berdasarkan jeniske­lamin didapatkan perempuan (61,5%) lebih banyak dibandingkan laki- laki (38,5%).Berdasar­kanperiodeangkatandidapatkanangkatan2020(53,8%)lebihbanyakdibandingkan angkatan 2021 (46,2%). Berdasarkan suku bangsa yang paling banyakmengalami burnout adalah suku batak (38,5%). Kesimpulan: Gambaran profil burnoutpada mahasiswa pendidikan profesi Fakultas Kedokteran Universitas MuhammadiyahSumateraUtaraterdapatengaged64respond­en(37,6%),ineffective24responden(14,1%), overextended 55 responden (32,4%), disengaged 1 responden (6%), dan burnout 26 responden (15,3%). Berdasarkan jenis kelamin yang paling banyak mengalamiburnoutadalahperempuan16responden(61,5%),denganangkatan202014responden(53,8%)danpada sukubatak 10responden (38,5%).

Keywords


Sindroma Stres Kronis, Mahasiswa Pendidikan, Beban Akademik

Full Text:

PDF

References


World Health Organization. Burnout an occupational phenomenon‖ International Classification of Diseases. International Classification of Disease. https://www.who.int/news/item/28-05-2019 burn out an occupational phenomenon international classification of diseases. Published 2019.

NCBI. Depression What is burnout Informed Health. NIH. National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/N BK279286/. Published 2021.

National Academy of Medicine. Taking Action Against Clinician Burnout A Systems Approach to Professional Well-Being National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. 2019. Taking Action Against Clinician Burnout: A Systems Approach to Professional Well-Being. Washington, DC: In: The National Academies Press Washington, DC Www.Nap.Edu National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. 2019. Taking Action Against Clinician Burnout: A Systems Approach to Professional Well-Being. Washington, DC: The National Academies Press. Washington (DC): Washington (DC): National Academies Press (US) ; 2019. doi: https://doi.org/10.17226/25521.

Abdalla ME, Shorbagi S. Challenges faced by medical students during their first clerkship training: A crosssectional study from a medical school in the Middle East. J Taibah Univ Med Sci. 2018;13(4):390-394. doi:10.1016/j.jtumed.2018.03.008

Almeida G de C, Souza HR de, Almeida PC de, Almeida B de C, Almeida GH. The Prevalence of Burn-out Syndrome In Medical Students. Rev Psiquiatr Clin. 2016;43(1):6-10. doi:10.1590/0101-60830000000072.

Dos Santos Boni RA, Paiva CE, De Oliveira MA, Lucchetti G, Fregnani JHTG, Paiva BSR. Burnout Among Medical Students During The First Years of Undergraduate School: Prevalence And Associated Factors. PLoS One. 2018;13(3):1-15. doi:10.1371/journal.pone.0191746

Gil-Calderón J, Alonso-Molero J, Dierssen Sotos T, Gómez-Acebo I, Llorca J. Burnout Syndrome in Spanish Medical Students. BMC Med Educ. 2021;21(1):1-8. doi:10.1186/s12909- 021-02661-4

Simatupang EPC, Yoanita Widjaja. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Lingkungan Pembelajaran Dengan Kejadian Burnout di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik. Tarumanagara Med J Vol 4, No 1, 72-84, Oktober 2021. 2021;4(1):72-84.doi:http://dx.doi.org/10.24912/tmj.v4i1.13720

Tanjung A. Prevalensi Burnout Di Masa Pembelajaran Daring Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. USU. 2021:11-18. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/46425/180100057.pdf ?sequence=1&isAllowed=y.

Santi K. Pengaruh Big Five Person-ality dengan Kejadian Burnout pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran. JIMKI. 2020.

Firdaus A, Yuliyanasari N, Djalillah GN. Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Med J.2021;18(2):114.doi:10.30649/htmj.v18i2.464

Ilic I, Macuzic IZ, Kocic S, Ilic M. High Risk of Burnout in Medical Students in Serbia, by Gender: A cross-sectional study. PLoS One. 2021 ; 16 (8 August) : 1 – 15. doi:10.1371/journal.pone.0256446

Badan Pusat Statistik (BPS). Batak. 2021;(September):2021. https://www.bps.go.id/.

Leiter MP, Maslach C. Latent Burn-out Profiles: A New Approach to Understanding the Burnout Experience. Burn Res. 2016;3(4):89-100. doi:10.1016/j.burn.2016.09.001

Santi K. Pengaruh Big Five Personality dengan Kejadian Burnout pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran. JIMKI. 2020.

Stumpp E, Schubert P, Ehrhardt C. Job Burnout. Annu Rev Psychol. 1989;34:73-78. doi:https://doi.org/10.1146/anurev.psy ch.52.1.397

Bresó E, Salanova M, Schaufeli WB. In Search of The Third Dimension‖ of Burnout: Efficacy or Inefficacy? Appl Psychol. 2007;56(3):460-478. doi:10.1111/j.14640597.2007.00290

Zis P, Artemiadis A, Bargiotas P, Nteveros A, Hadjigeorgiou GM. Medical Studies During the COVID-19 Pandemic: The Impact of Digital Learning on Medical Students’ Burnout and Mental health. Int J Environ Res Public Health. 2021;18(1):1-9. doi:10.3390/ijerph18010349

Lheureux F, Truchot D, Borteyrou X, Rascle N. The Maslach Burnout Inventory-Human Services Survey (MBI-HSS): Factor Structure, Wording Effect and Psychometric Qualities of Known Problematic Items. Trav Hum. 2017;80(2):161-186. doi:10.3917/th.802.0161

Kordzanganeh Z, Bakhtiarpour S, Hafezi F, Dashtbozorgi Z. The Relationship Between Time Management and Academic Burnout With The Mediating Role of Test Anxiety and Self efficacy Beliefs Among University Students. Brieflands. 2021; (1). https://Brieflands.com/artcles/jme112142.html.




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v5i3.20381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id