Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Elementary, Middle and Higher Education Management, published by Master of Postgraduate Education Management, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Articles published in the field of education management, both management of primary, secondary, higher education. Includes themes :

  • Educational Human Reasource
  • Curriculum, Teaching and Learning
  • Learners and Student Affairs
  • Educational Method and Media
  • Educational Finance and Budgeting
  • Educational Organizational Behavior
  • Quality Assurance in Education
  • Educational Evaluation and Supervision
  • Educational Facilities and Infrastructure
  • Marketing and Entrepreneurship in Education
  • Educational Institution Relations and Society
  • Management of Educational Institutions
  • Educational Communication and Information
  • Strategic Management in Education

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Full Paper

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

JMP-DMT terbit 4 kali dalam 1 tahun (Januari, April, Juli dan Oktober)

Penulis memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa:

  1. Artikel adalah karya orisinal dan tidak melibatkan kecurangan, fabrikasi, atau plagiarisme.
  2. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan saat ini belum dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Jika diterima oleh tim JPM-DMT untuk dipublikasikan, tidak akan diajukan untuk dipublikasi di jurnal lain.
  3. Artikel tersebut tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi yang melanggar privasi individual, hak kepemilikan, atau hak cipta undang-undang.
  4. Penulis harus mencantumakn sitasi dari sumber mana kutipan tersebut di peroleh.
  5. Penulis telah memberikan kontribusi signifikan untuk penelitian ini termasuk konsepsi dan perancangan artikel, analisis data, dan penulisan artikel.
  6. Penulis bertangungjawab atas isi dari artikel yang telah dipublikasikan

 

Peer Review Process

JMP-DMT mengimplementasikan setiap naskah yang diterima akan melalui proses peninjauan oleh Editor dan pengulas, menggunakan Proses Double-Peer Review, dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis tidak mengetahui identitas reviewer. JMP-DMT menerapkan kebijakan Double Blind Peer-Review, setiap naskah yang diterima akan dikirim ke Reviewer yang terdaftar di JMP-DMT. Proses peninjauan berlangsung maksimum hingga 30 (tiga puluh) hari dengan alokasi waktu yang diberikan kepada setiap peninjau untuk menyelesaikan proses peninjauannya adalah maksimal sepuluh (10) hari kerja. Jika para mitra yang ditunjuk bestari sebelumnya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan ulasannya dalam batas waktu yang ditentukan maka ketua dewan editorial akan menunjuk pengganti untuk melakukan naskah ulasan pengulas. Dalam proses peninjauan, pengulas memberikan pertimbangan terkait dengan kompatibilitas antara judul, abstrak, pengantar, diskusi (hasil) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberikan pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan proses peninjauan: (1) Penulis menyerahkan naskah, (2) Evaluasi Editor [beberapa manuskrip ditolak atau dikembalikan sebelum proses peninjauan], (3) Proses tinjauan sejawat double-blind, (4) Keputusan Editor, (5) Konfirmasi kepada penulis.

 

Publication Frequency

JMP-DMT terbit 4 kali / tahun (Januari, April, Juli, Oktober)

  • Penulis memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa:
  • Artikel adalah karya orisinal dan tidak melibatkan kecurangan, fabrikasi, atau plagiarisme.
  • Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan saat ini belum dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Jika diterima oleh j.prodikmas untuk dipublikasikan, tidak akan diajukan untuk dipublikasi di jurnal lain.
  • Artikel tersebut tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi yang melanggar privasi individual, hak kepemilikan, atau hak cipta undang-undang.
  • Penulis harus mencantumakn sitasi dari sumber mana kutipan tersebut di peroleh.
  • Penulis penulis telah memberikan kontribusi signifikan untuk penelitian ini termasuk konsepsi dan perancangan artikel, analisis data, dan penulisan artikel.
  • Penulis bertangungjawab atas isi dari artikel

 

Author Guideline

Berikut ini merupakan Pedoman Penulisan Artikel pada JMP-DMT (Jurnal Online) :

  1. Artikel merupakan hasil karya ilmiah orisinal yang belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diajukan untuk diterbitkan di tempat/media/ jurnal lain.
  2. Artikel dapat ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Penulis diharapkan dapat menuliskan artikelnya sesuai dengan format yang digunakan.
  3. Artikel ditulis maksimum sebanyak 15 halaman, dengan font times new roman. Kemudian anda dapat mengirimkannya melalui alamat jurnal JMP-DMT pada tautan berikut http://jurnal.umus.ac.id. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu untuk mengirimkan jurnalnya.
  4. Sistematika penulisan jurnal didalamnya berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah dan tujuan penelitian, kajian terkait teori, metode yang dipergunakan dalam penyelesaian masalah, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar referensi.
  • Format penulisan haruslah mengikuti format berikut ini :
  • Judul : 12 pt.
  • Nama penulis: 11 pt. Lengakp dengan jabatan/asal institusi dan email dari masing-masing penulis¬†¬†
  • Kata kunci: 10pt
  • Judul pada section, subsection dan referensi : 12pt dan ditulis dengan huruf capital.
  • Teks konten : 12 pt, rata kiri-kanan.
  • Abstrak : 10pt, bold dan rata kiri-kanan. (English dan Indonesia)
  • Keterangan gambar : 10pt, center.
  • Keterangan tabel : 10pt, center.
  • Referensi : 11pt, rata kiri-kanan.
  • Margin : Kiri : 20mm, kanan : 20mm, atas : 20mm, bawah : 20mm.



    5. Tabel harus diberikan penomoran, contohnya : Tabel 1. Kategori. Dengan keterangan tabel (nomor dan judul tabel) diletakkan posisi tengah di atas tabel.

    6. Gambar harus diberikan penomoran, contohnya : Gambar 1. Context Diagram. Dengan keterangan gambar (nomor dan judul gambar) diletakkan posisi tengah di bawah gambar.

    7. Penulisan rumus matematika harus ditulis dengan jela, disertai penomoran dan memuat keterangan mengenai rumus yang dimaksud.

    8. Penulisan sitasi dan referensi, ditulis mengacu pada daftar referensi yang dituliskan dalam bentuk nama dan tahun dalam kurung.

Contoh kutipan :

Arikunto (2005) atau Hoy dan Miskel (2014), atau Suhendar, dkk (2003); Hoy, et al (2015) jika penulisnya lebih dari dua orang.

Contoh daftar pustaka :

Hidayat, M.A, & Sudarno, D. (2015). Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya

Reeves, G, Herrington, J & Oliver, S. Authentic E-learning in Higher Education: Designprinciples for Authentic Learning Environments and Tasks. Journal of the Learning Sciences,Vol 1, No 2, 2003, Pp141-178

Open Educational Resources (OER). Unesco, 2000, http://www.unescoedu.org

9. Sumber rujukan atau kutipan yang dicantumkan dalam naskah merupakan sumber rujukan primer yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.

10. Semua naskah yang diajukan untuk diterbitkan dalam JMP-DMT (Jurnal Online) akan melalui proses penilaian oleh Reviewer.

11. Para penulis akan menerima pemberitahuan dari redaksi, jika naskahnya ditolak ataupun diterima. Penulis naskah akan diberikan kesempatana untuk memperbaiki naskah atas rekomendasi/saran dari Reviewer.

 

Author Fees

JMP-DMT Journal applies a free access policy and can be downloaded for free only for academic and scientific purposes. Article Submission: 0.00 (IDR). Authors are asked to pay for Article Submission Fees as part of the shipping process to contribute to review costs. With the payment of these fees, reviews, editorial decisions, and author notices on this text are guaranteed to take place within 4 weeks. Article Publication: 600.000.00 (IDR) If the author wants a printed version, an additional IDR 200,000 / Expansion is charged (including post).