Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMP Negeri Se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi

Romaida Nababan, Elfrianto Nasution, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada SMP Negeri se kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan melalui kepuasan kerja dan kompensasi guru sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel insidental. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah guru-guru di SMP Negeri se kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi dengan sampel sebanyak 60 orang guru yang berasal dari 3 SMP Negeri se kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier dan analisis jalur melalui program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,672 dan thitung (6,92) > ttabel (1,67); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemiminan kepala sekolah terhadap Kinerja guru dengan nilai r sebesar 0,729 dan thitung (8,112) > ttabel (1,67); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja terhadap Kinerja guru dengan nilai r sebesar 0,772 dan thitung (9,251) > ttabel (1,67); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening dengan nilai r sebesar 0,390 dan thitung (4,17) > ttabel (1,67).

ABSTRACT

This research is a type of comparative causal research with a quantitative approach, which was carried out at public junior high schools in Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. This study aims to determine whether or not there is an influence of principal's leadership on teacher performance through job satisfaction and teacher compensation as intervening variables. The data collection method in this study was a questionnaire or questionnaire. The sampling technique used is the incidental sampling technique. The population that became the object of the study were teachers at public junior high schools se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi, with a sample of 60 teachers from 3 public junior high schools se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Hypothesis testing is done by linear regression analysis and path analysis through the SPSS 23.0 for windows program. Based on the results of the study with a significance level of 5%, the conclusions were: (1) There was a positive and significant influence of principal's leadership on job satisfaction with a correlation coefficient (r) of 0.672 and tcount (6.92) > ttable (1.67) ; (2) There is a positive and significant effect of principal's leadership on teacher performance with an r value of 0.729 and tcount (8.112) > ttable (1.67); (3) There is a positive and significant effect of job satisfaction on teacher performance with an r value of 0.772 and tcount (9.251) > ttable (1.67); (4) There is a positive and significant effect of principal's leadership on employee performance with job satisfaction as an intervening variable with an r value of 0.390 and tcount (4.17) > ttable (1.67).


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Bavendam. (2005). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat,

George Terry (2009). Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc.,

Hasibuan. (2014). Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change). Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2001. UNJ- Jakarta.

Handoko. (2001). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Personal Pendidikan. Jurnal Kinerja 5, (1).http://id.shvoong.com/social-sciences/1776213-hubungan-kepemimpinan -transformasiona/. Di akses 15 Maret 2020.

Irianto. (2001). Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Integrasi Keilmuan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kozin. (2014). Good Governance (Kepemimpinan yang Baik) Bagian Kedua. Bandung: Mandar Maju.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutikno. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Artikel-Artikel Pilihan). Yogyakarta: Penerbit Amara Books.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i4.11916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.