Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19

Syabba Usaima Yamtaz

Abstract


Peran orang tua sangat di perlukan untuk proses pemebalajaran anak selama study from home ini, peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri dirumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Orang tua merasa pembelajaran di rumah sangat efektif untuk diterapkan namun bukan berarti pembelajaran di sekolah tidak lebih efektif dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran di rumah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi covid 19 yang mengruskan murid untuk belajar dari rumah. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif, data di peroleh melalui hasil wawancara dengan orang tua murid. Hasil dari penelitian ini adalah orang tua dapat meningkatkan kelekatan hubungan dengan anaknya dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar serta menerapkan metode-metode dalam pembelajaran daring.

Keywords : Peran orang tua, Pembelajaran, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran orang tua dalam pemenuhan hak pendidikan anak pada masa belajar dari rumah. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 147-157.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Maria, I. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi COVID 19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 35-48.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal golden age, 4(01), 152-159.

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146.

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala orang tua dalam mendidik anak usia dini pada saat pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045-1051.

Sihes, A. J. (2011). Konsep pembelajaran. Diunduh dari: http://eprints. utm. my/id/eprint/id/file/180566.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.

Rohana, S. R. S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-208.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i1.12916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.