Bibliometric Analysis : Penelitian Tentang Pendidikan Tinggi Menggunakan Vos Viewers Tahun 2018-2022

Maula Azkia Setiakarnawijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penelitian apa saja yang telah dilakukan oleh para peneliti dari bidang keilmuan yang berbeda dengan menggunakan kata kunci Higher Education. Penelitian ini menggunakan metode Bibliometric Analysis. Data diambil menggunakan aplikasi Publish or Perish dengan memasukan kata kunci Higher Education dengan rentang waktu 2018-2022 atau lima tahun terakhir. Data yang telah diambil, dianalisis menggunakan aplikasi VOS Viewers untuk melihat trend dari tahun-ketahun. Dengan kata lain, penelitian ini menemukan penelitian apa saja yang telah dilakukan dalam lima tahun terakhir, trend apa saja yang terjadi dari tahun ketahun, clusters apa saja yang ada dalam kata kunci Higher Education, serta kata kunci apa saja yang paling banyak digunakan dalam penelitian terkait Pendidikan tinggi. Maka dari itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penelitian yang telah dilakukan terhadap Pendidikan tinggi sehingga tidak terjadi pengulangan riset

Full Text:

PDF

References


Aleixo, A. M., Leal, S., & Azeiteiro, U. M. (2018). Conceptualization of sustainable higher education institutions, roles, barriers, and challenges for sustainability: An exploratory study in Portugal. Journal of Cleaner Production, 172, 16641673. doi: 10.1016/j.jclepro.2016.11.010

Bond, M., Marn, V. I., Dolch, C., Bedenlier, S., & Zawacki-Richter, O. (2018). Digital transformation in German higher education: student and teacher perceptions and usage of digital media. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1). doi: 10.1186/s41239-018-0130-1

Demuyakor, J. (2020). Coronavirus (Covid-19) and online learning in higher institutions of education: A survey of the perceptions of ghanaian international students in China. Online Journal of Communication and Media Technologies, 10(3). doi: 10.29333/ojcmt/8286

Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2018). Online learning in higher education: exploring advantages and disadvantages for engagement. Journal of Computing in Higher Education, 30(3), 452465. doi: 10.1007/s12528-018-9179-z

Iqbal, A., Latif, F., Marimon, F., Sahibzada, U. F., & Hussain, S. (2019). From knowledge management to organizational performance: Modelling the mediating role of innovation and intellectual capital in higher education. Journal of Enterprise Information Management, 32(1), 3659. doi: 10.1108/JEIM-04-2018-0083

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1. doi: 10.1016/j.ijedro.2020.100012

Ong, M., Smith, J. M., & Ko, L. T. (2018). Counterspaces for women of color in STEM higher education: Marginal and central spaces for persistence and success. Journal of Research in Science Teaching, 55(2), 206245. doi: 10.1002/tea.21417

Redmond, P., Abawi, L. A., Brown, A., Henderson, R., & Heffernan, A. (2018). An online engagement framework for higher education. Online Learning Journal, 22(1), 183204. doi: 10.24059/olj.v22i1.1175

Rizun, M., & Strzelecki, A. (2020). Students acceptance of the covid-19 impact on shifting higher education to distance learning in Poland. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 119. doi: 10.3390/ijerph17186468

Salinas, C., & Lozano, A. (2019). Mapping and recontextualizing the evolution of the term Latinx: An environmental scanning in higher education. Journal of Latinos and Education, 18(4), 302315. doi: 10.1080/15348431.2017.1390464




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i1.13284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.