Manajemen Pendidikan Tinggi untuk Mempromosikan Pembangunan Berkelanjutan yang Komprehensif di Masyarakat

Tini Adiatma

Abstract


Pendidikan tinggi adalah salah satu institusi yang menjadi pilar pengembangan sumber daya manusia di suatu negara. Penyelenggaraan pendidikan tinggi harus memperhatikan dinamika yang ada di masyarakat salah satunya berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan merupakan konsep yang menekankan pada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Pendidikan tinggi memainkan peran yang penting dalam menciptakan kader yang memiliki pemahaman tentang konsep pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penelian ini adalah untuk menganalisis bagaimana relevansi dan kontekstualitas manajemen pendidikan tinggi untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan untuk mendukung implementasi yang komprehensif di masyarakat. Metode studi literatur digunakan dalam penelitian ini dengan merangkum dari berbagai jurnal yang relevan untuk dibuat suatu konsepsi dan dianalisis berdasarkan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian berkaitan dengan manajemen pendidikan tinggi membahas mengenai relevansi institusi pendidikan tinggi  dan perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan berkaitan dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja, mendorong inovasi, aspek pembangunan berkelanjutan yang dipromosikan di pendidikan dan strategi pendidikan tinggi dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan tinggi harus mengadopsi pendekatan holistik dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Hal ini meliputi aspek-aspek seperti pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengelolaan kampus yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan. Selain itu, keterlibatan aktif dari seluruh stakeholder di kampus menjadi kunci utama dalam menciptakan budaya pembangunan berkelanjutan di kampus.

Manajemen Pendidikan Tinggi untuk Mempromosikan Pembangunan Berkelanjutan yang Komprehensif di Masyarakat

Keywords


manajemen; pendidikan tinggi; pembangunan berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Chhokar, K. B. (2010). Higher education and curriculum innovation for sustainable development in India. International Journal of Sustainability in Higher Education, 11(2), 141–152. https://doi.org/10.1108/14676371011031865

Djordjevic, A., & Cotton, D. R. E. (2011). Communicating the sustainability message in higher education institutions. International Journal of Sustainability in Higher Education, 12(4), 381–394. https://doi.org/10.1108/14676371111168296

Giesenbauer, B., & Müller-Christ, G. (2020). University 4.0: Promoting the transformation of higher education institutions toward sustainable development. Sustainability (Switzerland), 12(8). https://doi.org/10.3390/SU12083371

Ismail, T. H. (2019). Does Egyptian universities’ disclosure on social responsibility enhance sustainable development? Journal of Humanities and Applied Social Sciences, 2(2), 81–99. https://doi.org/10.1108/jhass-08-2019-0042

Kukeyeva, F., Delovarova, L., Ormysheva, T., & Davar, A. (2014). Higher Education and Sustainable Development in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 122, 152–156. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1318

Lourenço, F., Jones, O., & Jayawarna, D. (2013). Promoting sustainable development: The role of entrepreneurship education. International Small Business Journal, 31(8), 841–865. https://doi.org/10.1177/0266242611435825

Lozano, R., Bautista-Puig, N., & Barreiro-Gen, M. (2022). Developing a sustainability competences paradigm in Higher Education or a White Elephant? Sustainable Development. https://doi.org/10.1002/sd.2286

Lozano, R., Ceulemans, K., & Scarff Seatter, C. (2015). Teaching organisational change management for sustainability: Designing and delivering a course at the University of Leeds to better prepare future sustainability change agents. Journal of Cleaner Production, 106, 205–215. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.03.031

Lozano, R., Lozano, F. J., Mulder, K., Huisingh, D., & Waas, T. (2013). Advancing Higher Education for Sustainable Development: International insights and critical reflections. Journal of Cleaner Production, 48, 3–9. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.03.034

Nölting, B., Molitor, H., Reimann, J., Skroblin, J. H., & Dembski, N. (2020). Transfer for sustainable development at higher education institutions-untapped potential for education for sustainable development and for societal transformation. Sustainability (Switzerland), 12(7). https://doi.org/10.3390/su12072925

Ramos, T. B., Caeiro, S., Van Hoof, B., Lozano, R., Huisingh, D., & Ceulemans, K. (2015). Experiences from the implementation of sustainable development in higher education institutions: Environmental Management for Sustainable Universities. Journal of Cleaner Production, 106, 3–10. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2015.05.110

Shuqin, C., Minyan, L., Hongwei, T., Xiaoyu, L., & Jian, G. (2019). Assessing sustainability on Chinese university campuses: Development of a campus sustainability evaluation system and its application with a case study. Journal of Building Engineering, 24. https://doi.org/10.1016/j.jobe.2019.100747

Svanström, M., Lozano-García, F. J., & Rowe, D. (2008). Learning outcomes for sustainable development in higher education. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(3), 339–351. https://doi.org/10.1108/14676370810885925

Tan, H., Chen, S., Shi, Q., & Wang, L. (2014). Development of green campus in China. Journal of Cleaner Production, 64, 646–653. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.10.019

Wakkee, I., van der Sijde, P., Vaupell, C., & Ghuman, K. (2019). The university’s role in sustainable development: Activating entrepreneurial scholars as agents of change. Technological Forecasting and Social Change, 141, 195–205. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.10.013




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i2.14560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.