Pengaruh Intensitas Lamanya Bermain Gadget dan Literasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari Malang

Ira Wirdatus Solichah, Iktafi Muzayana, Abdullah Shofi, Sri Harini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh intensitas lamanya bermain gedget dan literasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 8. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif  yang menekankan pada hasil survey yang dilakukan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan angket. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner tentang intensitas lamanya bermain gedget sebagai alat pengumpulan data. Sedangkan data literasi didapatkan dari nilai hasil uji coba literasi, dan hasil belajar menggunakan nilai matematika. Responden sebanyak 40 siswa yang terdiri dari siswa kelas delapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Terdapat pengaruh lamanya intensitas bermain gadget terhadap hasil belajar matematika. Dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.072. Nilai signifikansi tersebut memiliki nilai yang lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,1. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan 90% intensitas lamanya bermain gadget memiliki pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar matematika. 2. Terdapat pengaruh literasi terhadap hasil belajar matematika. Dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.024. Nilai signifikansi tersebut memiliki nilai yang lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,1. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan 90% literasi siswa memiliki pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar matematika

Keywords


Gadget, Literasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 318.

Desrina Hardianti, & Dwi Desmayanasari. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Online Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Inomatika, 4(1), 31–44. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.316

Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Penggunaan Gadget Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p126

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Fahmy, A. F. R., Wardono, & Masrukan. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Pembelajaran RME Berbantuan Geogebra. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(22), 559–567. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20198/9576

Fahrudin, A. A., & Abidin, M. R. (2022). ANALISIS MAKNA TANDA PADA KARAKTER WIRO DALAM GIM ONLINE. Jurnal Barik, 4(2), 170–183. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. Retrieved from https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Irawan, A., & Wardani, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p342

Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088

Itsna, N. M., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.254

Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876

Khuzaeva, E. S. (2014). Mengembangkan Pola Pikir Cerdas, Kreatif dan Mandiri melalui Telematika. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (4), 138–148. Retrieved from http://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_138-148.pdf

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Nizar, A., & Hajaroh, S. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa. El Midad, 11(2), 169–192. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1901

Nur Rohmah, A., Secha Primindari, R., Alifiana Rahmawati, S., Dianita Irawan, D., Ika Rahmawati, E., & Prastyoningsih, A. (2022). Studi Qualitatif Penyebab Kehamilan Pranikah Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 13(2), 221–233. https://doi.org/10.34035/jk.v13i2.858

Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562

Puspitasari, E. D., Ekayamti, E., & Maimunah, S. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Interaksi Sosial pada Remaja di Wilayah Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Cakra Medika: Media Publikasi Peneliitian, 7(2), 9–19. Retrieved from http://jurnal.akperngawi.ac.id

Rachmawati, P., Rede, A., & Jamhari, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran Effect gadget toward students achievement of biology education Sub-Department of Teacher Training Education, Tadulako University. who enrollment in 2013 On Subject of Design Learning Media. Jip Biol, 5(1), 35–40.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731

Sari, D. M. M. (2018). Pengembangan dan Peningkatan Minat Baca Anak sebagai Upaya Pengalihan Gadget di Desa Sumokali. Jurnal PADI – Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia, 1(1), 29–32.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 41–52.

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78. Retrieved from https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/124

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Helper, 35(1), 31–46.

Sugara, U., Slamet, S. T., & Budiharto, T. (2021). Hubungan antara penguasaan literasi sastra dan minat belajar dengan kemampuan menulis cerita anak pada peserta didik kelas iv sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, (449), 5–10. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48714

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suja, I. W. (2022). Revitalisasi Etnosains Untuk Mendukung Literasi. BCSJ: Bivalen Chemical Studies Journal, 5(1), 1–10.

Sumarni, C., Rasman, R., Rosidin, R., Adriadi, R., & Riwayati, S. (2022). Pendampingan Minat Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Negeri 09 Ipuh Mukomuko. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 560–567. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3899

Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja. Journal Com-Edu, 2(3), 220–226.

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sma Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 197. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297

Zuyyina, H., Wijaya, T. T., P, H. M., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 79–90. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i3.15190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.