Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Komitmen Guru di SMP Negeri 14 Kota Jambi

Muhammad Muspawi, Eling Retno Kholifah, Marfu'ah Nursulis, Sutriyanti Sutriyanti, Undari Sulung

Abstract


Komitmen organisasi merupakan sikap seseorang untuk tetap loyal dalam melaksanakan tugasnya disuatu lembaga atau organisasi, seperti sikap loyalitas guru dalam menjalankan tugasnya di sekolah. Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru ,yakni pembentukan karakteristik budaya sekolah yang mana pembentukannya juga mengikutsertakan pendapat guru disetujui bersama dan bersama-sama melakukan budaya sekolah yang telah dibentuk, kemudian melibatkan guru dalam pengambilan keputusan, dalam hal ini guru-guru telah menyebutkan bahwa kepala sekolah betul-betul merangkul semua guru untuk mengemukakan pendapatnya, dan yang terakhir mengembangkan potensi dan kinerja guru seperti melaksanakan workshop untuk semua guru di sekolah.

 


Full Text:

PDF

References


Agung, D. A. (2021). Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0: Sebuah Alternatif . Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 45-67.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jannah, W. (2014). Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Atas (SMASA) Kecamatan Rokan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 789-831.

Lubis, J., & Jaya, I. (2009). Komitmen Membangun Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 86-96.

Mitrohardjono, M., & Rosyidin, D. (2020). Strategi Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Dasar Lab School FIP UMJ). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 71-80.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarsari: Antasari Press.

Safitri, A., & Mappincara, A. (2021). Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah di SMP Negeri . Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan, 205-213.

Sari, E. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 250-264.

Sari, N. W. (2018). Peran Kultur Sekolah dalam Membangun Prestasi Siswa di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7-3.

Sukmawati, C., & Hermawan, E. (2016). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitemen Guru dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 68.

Umar, H. (2002). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).

Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2017). Komitmen Organisasi. Makassar: Nas Media Pustaka.

Zubeir, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 304-311.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i1.17342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.